blank
Petani tembakau di lereng Sumbing membawa hasil panenannya dari ladang. Foto: Suarabaru.Id/ Yon

EMANGGUNG (SUARABARU.ID) – Bupati Temanggung, M Al Khadziq meminta pabrikan (perwakilan pabrik rokok yang ada di Temanggung) tetap membeli tembakau dari  petani Temanggung di tengah pandemi covid-19 saat ini.

“Saya berharap  tidak ada alasan dari pabrik rokok  untuk tidak membeli tembakau petani Temanggung atau untuk menekan harga pembelian tembakau, di tengah masa wabah covid-19 ini,” kata Bupati Temanggung, M Al Khadziq, Selasa ( 30/6).

blank
Bupati Temanggung M. Alh Khadziq. Foto: ist

Khadziq mengatakan, para petani saat ini  sedang bersiap-siap untuk memanen tembakau,  dan pihaknya juga sudah minta kalangan pabrikan juga menyiapkan protokol kesehatan di gudang pembelian tembakau.

Menurutnya, pihaknya juga telah  mengirimkan surat  kepada para grader, perwakilan industri rokok atau gudang-gudang tembakauuntuk mulai menata sistem perdagangan tembakaunya sesuai denga protokol covid-19. Sehingga, saat panen raya tembakau bisa berlangsung tanpa ada rasa kekhawatiran terhadap penyebaran virus corona.

Ia menambahkan, sejumlah  pabrikan  yang ada di Temanggung sudah menyatakan kesiapannya untuk  membeli tembakau  dari petani di lereng Sumbing dan Sindoro. Dan mereka sedang menyiapkan protokol kesehatan agar dalam proses pembelian tembakau bisa aman.

“Kalangan industri untuk menyiapkan protokol kesehatan di bidang pembelian pertembakauan. Mungkin akan ditata antriannya berjarak dan aturan lainnya yang tentunya sesuai dengan protokol pencegahan penyebaran virus corona,” ujarnya.

Khadziq juga berharap agar panen raya tembakau yang diperkirakan mulai Juli hingga Oktober mendatang tersebut  bisa berjalan dengan normal, dan harg tembakau Temanggung bisa laku lebih mahal.Selain itu, pihak industri juga dapat mengutamakan tembakau Temanggung.

Untuk itu ia juga meminta para petani tembakau Temanggung untuk tetap  menjaga kualitas tembakau. Yakni, jangan dicampur dengan tembakau dari luar Temanggung, karena tembakau Temanggung itu paling tinggi nikotinnya dan kualitasnya paling bagus.

“Jika panen bagus, dari  secara ekonomi masyarakat akan diuntungkan dan  akan mendapatkan pemasukan yang besar dari tembakau,” katanya.

Yon-trs