blank
Hans-Joachim Watzke/dok

DORTMUND (SUARABARU.ID) – Bundesliga (Liga Primer Jerman) musim 2019-2020 akan kembali bergulir pada bulan ini dengan tanpa penonton. Bagi semua klub, ini merupakan sebuah tantangan yang tidak ringan. Roda kompetisi sepak bola di Jerman ini sudah mendapat izin untuk diputar lagi.

Kanselir Jerman Angela Merkel memberikan lampu hijau kepada Bundesliga setelah mengadakan pertemuan dengan Asosiasi Liga Jerman (DFL). Dalam pertemuan itu hadir pula seluruh klub Bundesliga dan Bundesliga 2. Liga Jerman musim ini diperkirakan kembali bergulir pada 22 Mei atau paling lambat 29 Mei.

Kendati begitu, bakal ada protokol kesehatan ketat yang diberlakukan termasuk tes Covid-19 untuk seluruh pemain setiap pekan. Borussia Dortmund gembira dengan kabar Bundesliga akan berputar lagi. Hans-Joachim Watzke, CEO Die Borussen, menilai ini adalah sebuah tantangan.

“Harus bermain tertutup adalah tantangan berat, terutama untuk klub seperti kami yang menyedot banyak kekuatan dari semangat para pendukungnya,” ujar Watzke. “Secara ekonomi tidak mungkin bagi klub untuk mengizinkan Bundesliga berhenti sampai penonton diizinkan kembali ke stadion,” tegasnya.

Saat dihentikan Maret lalu, Bundesliga baru berjalan 25 pekan. Puncak klasemen dikuasai Bayern Munich dengan 55 poin. Bayern unggul empat poin atas Borussia Dortmund di posisi kedua dan lima angka di depan RB Leipzig. Watzke menyatakan senang dengan keputusan ini.

Masih menyisakan sembilan pertandingan, persaingan meraih gelar berada di tiga klub, Bayern, Dortmund dan Leipzig. Peluang Munich jelas yang paling besar. Namun, jika anak-anak asuhan Hansi Flick lengah, Die Borussen dan Leipzig siap merangsek. (rr)