blank
Personel Polsek Giriwoyo Polres Wonogiri, mendatangi lokasi kejadian, untuk melakukan penanganan, termasuk mencatat keterangan dari para saksi.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Mendengar teriakan minta tolong, Slamet (40) bergegas mendekat, dan menemukan petani Sodikin (65) tewas tergeletak di sawah. Korban adalah warga Dusun Grenjeng RT 1/RW 5, Desa Guwotirto, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri.

Orang yang berteriak minta tolong itu, adalah Ny Paniyem (68) istri korban, yang kaget karena suaminya mendadak terjatuh di sawah. Targedi petani tewas di sawah ini, berlangsung Rabu siang (1/4). Sejak pagi, Sodikin bersama istrinya bersawah di lahan persawahan sisi timur Dusun Grenjeng.

Oleh Saksi Slamet, Sodikin, kemudian diangkat ke tepi jalan kampung pinggir areal persawahan. Pertolongan pertama diberikan dengan membuat nafas buatan, tapi gagal menyelamatkan nyawa korban. Segera kasus kematian petani di sawah ini, dilaporkan ke pamong desa dan diteruskan ke Polsek Giriwoyo.

Melakukan Penanganan
Tiga petugas Polsek Giriwoyo Polres Wonogiri, segera mendatangi lokasi kejadian, untuk melakukan penanganan. Mereka terdiri atas Kanit Reskrim Iptu Sutrisyanto dan Kasi Humas Aipda Purwanto serta Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Aipda Ari Grandis.

blank
Petugas kepolisian Polsek Giriwoyo Polres Wonogiri, dibantu warga, berupaya mengangkut mayat korban untuk dibawa ke rumahnya.

Pemeriksaan mayat Sodikin, dilakukan oleh petugas medis dari Puskesmas Giriwoyo pimpinan Dokter Taufik MB. Ikut datang ke lokasi kejadian, Sekretaris Camat (Sekcam) Giriwoyo, Fuad Wahyu Pratama SSTP, MSi dan personel dari Koramil Giriwoyo.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing SIK, MH, MSi, melalui Kasubag Humas Polrtes Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, hasil pemeriksaan dari tim medis tidak menemukan tanda-tanda kekerasan atau penganiayaan.

Diduga, korban tewas karena masuk angin duduk atau terkena serangan jantung mendadak. Dari pihak keluarga, petugas mendapatkan informasi bahwa korban telah lama memiliki riwayat sakit tekanan darah tinggi dan asam urat. Usai pemeriksaan, mayat korban diserahkan ke pihak keluarga dengan disaksikan pamong desa, untuk dimakamkan.

Bambang Pur