blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan dan rombongan bersiap menebar bibit ikan di Waduk Wadaslintang Kecamatan Padureso, Rabu, 26/2. (Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Di tengah musim penghujan dewasa ini, Polres Kebumen menggalakkan upaya pelestarian lingkungan dengan menebar benih ikan di peraian dan waduk serta menanam pohon di pekarangan.

Dipimpin Kapolres Kebumen AKPB DR Rudy Cahya Kurniawan MSi MH MKn, jajaran Polres Kebumen dan Polsek Padureso Rabu (26/2) menebar sekitar 500 bibit ikan nila merah di kawasan Waduk Wadaslintang. Kapolres juga memerintahkan kepada semua jajaran Polsek yang memiliki sungai, waduk serta embung agar ikut menebar  bibit ikan.

Menurut Kapolres, target saat ini ada sebanyak 5.000 bibit ikan yang ditebar di daerah aliran sungai, di waduk dan di saluran air dan akan terus ditambah. Penebaran bibit ikan itu bertujuan ikut menjaga kelestaraian alam, memelihara ekosistem air sekaligus menyediakan nutrisi atau makanan yang bergizi bagi warga.
“Kepada para nelayan, pemancing ikan dan warga saya minta ikut memelihara dan menjaga bibit ikan ini bisa tumbuh besar dan hasilnya bisa dinikmati untuk menambah gizi. Penebaran benih ikan ini juga untuk ikut memelihara ekosistem air,”tandas Kapolres saat tebar bibit ikan didampingi Wakapolres Kompol Prayudha Widiatmoko dan pejabat utama Polres serta ibu-ibu Bhayangkari.

Sebelum tebar benih ikan di Waduk Wadaslintang yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Kebumen-Wonosobo itu, Kapolres dan pejabat Polres disertai rombongan ibu-ibu Bhayangkari harus berjalan kaki menuruni tebing Waduk Wadaslintang. Selanjutnya dengan menyewa dua perahu  rombongan Kapolres Kebumen dan ibu Bhayangkari menebar benih ikan nila merah sembari menikmati suasana lingkungan asri Waduk Wadaslintang.

blank
Dengan menaiki perahu Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan dan Ibu Bhayangkari meneber bibit ikan nila merah di kawasan Waduk Wadaslintang.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Kapolres juga menanam pohon mangga di sekitar Mapolsek Padureso.  Penanaman pohon buah-buahan itu menindaklanjuti Program Polda Jateng dan Kapolri agar kepolisian ikut menggalakan Go Green atau menjaga pelestarian lingkungan di setiap wilayah. Bahkan Kapolres juga memerintahkan satu anggota Polres Kebumen menanam dua pohon.

Menurut AKBP Rudy Cahya Kurniawan, dengan satu anggota menanam dua pohon diharapkan terus dirawat dan diutamakan pohon yang menghasilkan atau pohon buah. Dengan begitu setiap anggota Polres telah ikut menjaga pelestarian lingkungan dan mencegah kerusakan iklim di bumi demi kepentingan anak cucu mendatang.

Saat memberikan pengarahan kepada anggota Polsek Padureso yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Wonosobo dan Purworejo, Kapolres mengajak jajaran polisi mendepankan perpolisian masyarakat (Polmas). Bagi anggota Bhabinkamtibmas diharapkan rajin sambang ke warga, sambang dusun dan mendengar keluhan warga  agar setiap masalah di desa bisa diselesaikan bersama-sama melibatkam forum kemitraan polisi dan masyarakat (FKPM).

blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan didampingi Kapolsek Padureso Iptu H Jakaria menanam pohon mangga di pekarangan samping Mapolsek.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Komper Wardopo