blank
Bunga Alivia, perwakilan Jateng di ajang Miss Indonesia 2020 yang berasal dari Kudus. foto:Ist

KUDUS (SUARABARU.ID) – Ajang Miss Indonesia 2020 yang digelar cukup menjadi perhatian warga Kudus. Masalahnya, Bunga Alivia, perwakilan Jawa Tengah yang merupakan mantan Duta Wisata Kudus melakukan kesalahan dengan mengatakan Menara Kudus adalah peninggalan Sunan Kalijaga.

Kesalahan ucap Bunga tersebut dilakukan saat sesi tanya jawab. Dalam acara yang disiarkan secara langsung oleh RCTI, Kamis (20/2) malam tersebut, Bunga mendapat pertanyaan dari host Roby Purba tentang hal apa di Kudus yang perlu diketahui masyarakat Indonesia.

Spontan, Bunga menjawab kalau di Kudus ada Menara Kudus yang merupakan peninggalan Sunan Kalijaga.

Jawaban itulah yang akhirnya memicu reaksi masyarakat Kudus. Di media sosial terutama, banyak warganet yang kecewa atas kesalahan dari Bunga tersebut. Pasalnya, sebagai ikon utama wisata di Kudus, Menara Kudus jelas-jelas merupakan peninggalan Sunan Kudus.

“Dilihat se Indonesia, tapi jawabannya begitu. Kalau gak paham pariwisata Kudus, ya lebih baik gak usah maju,”kata Farid, salah satu warganet.

Komentar nyinyir lainnya juga dilontarkan Agung. “Awalnya bangga ada putri Kudus yang lolos dalam ajang Miss Indonesia. Entah salah ucap atau memang tidak paham yang jelas mengecewakan juga jika pengetahuan sejarahnya begitu,”katanya.

Selain banyak yang nyinyir, ada pula warganet yang justru membela. Winarno, salah satu warganet menilai kalau kesalahan tersebut adalah hal yang manusiawi. “Itu manusiawi ada kesalahan. Yang penting, ini jadi pelajaran untuk ke depannya,”katanya.

Tanggapan Disbudpar

Sementara, Kabid Pariwisata pada Disbudpar Kudus, Mutrika mengaku maklum jika Bunga Alivia mengalami kejadian tersebut. Menurutnya, kesalahan ucap tersebut mungkin terjadi tanpa dia sadari. “Mungkin antara apa yang dimaksud dengan yang diucapkan berbeda. Atau dia grogi,”katanya.

Menurut Mutrika, hal tersebut cukup wajar karena manusia adalah tempat salah dan khilaf. Tapi, paling tidak, kata Mutrika, Bunga Alivia sudah mencoba berusaha yang terbaik. Bahkan, Bunga Alivia mampu menembus 15 besar di ajang Miss Indonesia tersebut.

“Kami akan selalu dorong dan doakan. Semoga dia menjadi generasi yang komitmen membangun bangsanya,”tandasnya.

Dari data yang ada, Bunga Alivia menjadi wakil Jawa Tengah di ajang Miss Indonesia 2020 setelah memenangkan ajang pemilihan duta wisata Jawa Tengah. Di tahun 2018, Bunga juga mampu memenangi ajang pemilihan duta wisata Kudus.

Perempuan kelahiran Semarang,  19 November  1998 ini kuliah di jurusan hukum Universitas Diponegoro. Bunga tinggal di Kelurahan Mlatinorowito gang 2 nomor 50, Kecamatan Kota, Kudus.

Tm/Ab