Bagikan
MAS DAN MBAK: Berlian Verlino (Kota Salatiga) dan Sri Rezeki (Kabupaten Batang) terpilih sebagai Mas dan Mbak Jawa Tengah 2019 dalam Grand Final Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Jawa Tengah 2019, di Balai Sidang Mahesa, Kabupaten Boyolali, Jumat (8/11), malam.(suarabaru.id/dok Disporapar Jateng)

BOYOLALI, SUARABARU.ID – Berlian Verlino dari Kota Salatiga dan Sri Rezeki dari Kabupaten Batang terpilih sebagai Mas dan Mbak Jawa Tengah 2019 dalam Grand Final Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Jawa Tengah 2019 yang digelar di Balai Sidang Mahesa, Kabupaten Boyolali, Jumat (8/11), malam.

Keduanya berhasil menyisihkan mas dan mbak dari 35 kabupaten/ kota se-Jawa tengah. Dalam 10 besar, Berlian Verlino yang akrab disapa Verlin menyisihkan finalis dari Kabupaten Kudus, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Pati, Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Klaten.

Sementara Jeje, sapaan akrab Sri Rezeki menyisihkan finalis dari Kabupaten Rembang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Blora, Kota Surakarta, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Purworejo, dan Kabupaten Purbalingga.

Mas Duta Wisata Jateng, Berlian Verlino (suarabaru.id/dok Instagram @masmbakjateng)

Verlin mengaku bangga atas gelar yang diraihnya itu. Ke depan, ia ingin membawa Jawa Tengah ke kancah nasional. “Saya akan mempromosikan segala potensi wisata dan budaya yang ada di Jawa Tengah ke kancah nasional,” kata Verlin.

Sementara itu, Jeje merasa bahagia dan terharu setelah ditetapkan sebagai juara pertama mbak Jawa Tengah 2019. Senada dengan Verlin, ia juga akan mempromosikan wisata Jawa Tengah ke tingkat nasional.

Mbak Duta Wisata Jateng 2019, Sri Rezeki (suarabaru.id/dok Instagram @masmbakjateng)

“Kami butuh proses dan dukungan untuk mempromosikan wisata di Jawa Tengah. Semoga potensi di Jawa Tengah ini semakin maju,” harapnya.

Penganugerahan Mas – Mbak Duta Wisata Jateng dibuka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Disporapar) Jateng, Sinoeng N Rachmadi mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dengan pemukulan gong digital di Balai Sidang Mahesa, Kabupaten Boyolali, Jumat (8/11).

Di sela-sela acara, Sinoeng berdendang lagu berjudul “Cantik” yang disematkan untuk seluruh pendukung Mas – Mbak Duta Wisata Jateng. Tidak hanya Sinoeng, para peserta dan pendukung dihibur Endah Laras dan Woro.

Penampilan Endah Laras feat Woro (suarabaru.id/dok Disporapar Jateng)

Sinoeng mengatakan, seluruh finalis Mas-Mbak Duta Wisata Jawa Tengah ini tidak hanya berkompetisi dari wawasan tentang kepariwisataan, namun mereka juga harus mempersiapkan konsep-konsep promosi pariwisata di Jawa Tengah.

Kepala Disporapar Prov Jawa Tengah. Sinoeng N Rachmadi (suarabaru.id/dok Disporapar Jateng)

Sebelumnya 70 finalis Duta Wisata Jawa Tengah berkompetisi untuk jadi yang terbaik dalam pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Jawa Tengah 2019 dikarantina selama empat hari, mulai 5-8 November 2019.

Masing-masing finalis Mas-Mbak Duta Wisata Jateng menampilkan kesenian khas dari daerah mereka masing-masing dan unjuk bakat dalam malam apresiasi seni.

(suarabaru.id/dok Disporapar Jateng)

Selama karantina, para finalis dibekali materi tentang kepariwisataan yang disampaikan Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud NS, R.Ay Ira Kusumorasri untuk seni-kebudayaan, serta marketing digital oleh MZ Hanif dari Gapura Digital. Selain itu, para peserta juga dibekali public speaking, ngadi saliro dan ngadi busana, serta sesi beauty class.

Sebelum puncak kompetisi, mereka dijamu Bupati Boyolali Seno Samodro dalam Gala Dinner di Gedung Merbabu, Kabupaten Boyolali. Para duta wisata ini akan menjadi marketer-marketer untuk mempromosikan pariwisata di masing-masing daerah di 35 kabupaten/kota Jawa Tengah, wisata nasional, bahkan internasional.

Selain mendapatkan pembekalan materi, seluruh finalis melalukan kegiatan city tour di Kabupaten Boyolali, di antaranya mengunjungi Desa Wisata Tumang Sentra Tembaga Cepogo, New Selo, Gedung Lembu Sora yang didalamnya terdapat bioskop mini dan Gedung Putih Kabupaten Boyolali.

Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi sharing dan pengenalan mengenai Ikatan Mas & Mbak Jawa Tengah, etika dan kepribadian, dan diakhiri dengan tes wawancara pemilihan Mas dan Mbak Jawa Tengah 2019.

Suarabaru.id/LBC

Berikut Juara Mas-Mbak Jateng 2019

Juara

Berlian Verlino (Kota Salatiga)

Sri Rezeki (Kabupaten Batang)

Peringkat II

Rafi Fauzi (Kota Semarang)

Sekar Ayu Salsabila (Kabupaten Sukoharjo)

Harapan I

Mas Kota Pekalongan

Mbak Kota Surakarta

Harapan II

Mas Kabupaten Kebumen

Mbak Kota Magelang

Harapan III

Mas Kabupaten Wonogiri

Mbak Kabupaten Rembang

Sumber: Twitter Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah @Disporaparjtg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here