Bagikan
Sejumlah anggota TNI Kodim 0707/Wonosobo bersama warga setempat tengah memperbaiki rumah yang rusak di Desa Banyumudal Sapuran akibat diterjang angin puting beliung. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO-Karya Bakti TNI Kodim 0707/Wonosobo berupa rehab rumah warga Desa Banyumudal Kecamatan Sapuran Wonosobo yang menjadi korban musibah angin puting beliung terus dikebut. Percepatan tersebut agar rumah cepat bisa dihuni kembali oleh pemiliknya.

Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat, Kamis (31/10), memerintahkan anggotanya turun langsung dan siaga di lokasi bencana guna melakukan rehabilitasi rumah yang rusak akibat terdampak musibah angin ribut di pemukiman penduduk.

“Giat yang dilakukan anggota merupakan bentuk kepedulian TNI membantu mengatasi kesulitan warga sekaligus bentuk pembinaan teritorial (Binter) yang menjadi tugas pokok Kodim 0707/Wonosobo. Membantu mengatasi kesulitan warga menjadi tugas TNI,” katanya.

Proses rehab rumah bagi korban angin ribut di Desa Banyumudal dipimpin Perwira Siaga Kapten Arm Listiyono. Selain melibatkan anggota TNI, rehab rumah juga dibantu Tim SAR, relawan BPBD, petugas Satlinmas dan warga setempat.

Pihaknya berharap rumah yang sudah selesai direhabilitasi dapat dihuni kembali oleh pemiliknya. Korban musibah angin puting beliung tidak boleh terlalu lama berada di tempat penampungan sementara. Mereka ingin segera menempati rumah sendiri.

Bantu Material

“Setelah kembali bisa menempati rumah yang sudah direhab, warga bisa segera melakukan aktifitas seperti sebelumnya secara normal. Warga pasti ingin roda ekonomi keluarga segera berputar secara normal dan bisa bangkit dari beban psikologis,” katanya.

Ditambahkan Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat, selain melakukan rehab rumah, Kodim 0707 juga memberikan bantuan berupa seng, kayu dan paku kepada korban bencana angin puting beliung di Desa Banyumudal Kercamatan Sapuran Wonosobo.

“Sebelum selesai anggota TNI akan terus melakukan karya bakti di lapangan. Setiap hari beberapa personil Babinsa ikut bergotong-royong bersama warga setempat untuk perbaikan kembali rumah warga yang rusak,” tegasnya.

Kades Banyumudal Goris menyampaikan ucapan terima kasih atas peran anggota TNI yang ikut membantu melakukan rehab rumah korban bencana alam ini. Bahkan tak hanya membantu tenaga, KodimĀ  0707 juga menyumbang materil berupa kayu, paku dan seng.

“Ini jarang terjadi. Sebab pada umumnya beberapa pihak datang memberikan bantuan atau menyumbngkan tenaga saja. Anggota TNI beda karena selain datang membawa bantuan sekaligus ikut kerja bakti memperbaiki rumah warga yang rusak,” ujarnya.

Kepala BPBD Wonosobo Zulfa Akhsan AK menyebut di Desa Banyumudal, sejumlah 211 rumah warga rusak akibat diterjang angin ribut. Rumah yang rusak ada di Dusun Krajan (127), Larangan (24), Wekas (24), Lempong (2), Jenggil (9) dan Dusun Batursari (25).

SuaraBaru.id/Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here