blank
Sejumlah anggota dan pembina Pramuka Kwarcab Wonosobo melakukan penanaman pohon dalam acara kemah bakti masyarakat di Perkemahan Wirakarya Cabang V Desa Slukatan Kecamatan Mojotengah. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO-Sebanyak 201 anggota Pramuka melakukan aksi bakti masyarakat di Desa Slukatan, Mojotengah, Wonosobo. Kegiatan bakti masyarakat diadakan dalam rangka Perkemahan Wirakarya Cabang V Minggu (15/09) hingga Jumat (20/09).

Waka Organisasi dan Hukum Kwarcab Wonosobo, Drs One Andang Wardoyo MSi, Selasa (17/9) mengatakan kegiatan bakti masyarakat merupakan implementasi Dasa Dharma Pramuka yang sesungguhnya. Kegiatan pramuka harus berguna bagi masyarakat.

“Ada kegiatan fisik dan nonfisik yang diikuti peserta yakni sanitasi, jambanisasi dan memberi motivasi. Ada jaga kegiatan posyandu lansia, pembuatan kompos, vertical garden, penanaman pohon dan pembuatan sarana mencuci tangan,” katanya.

Waka Bina Muda Kwarcab Wonosobo, Dra Sri Widyastuti M Pd menambahkan kegiatan tersebut diikuti 201 anggota pramuka yang berasal dari 10 SMA/SMK/MA dan  pramuka peduli Kwarcab Wonosobo. Peserta kemah juga didampingi beberapa  pembina Pramuka

“Tujuan diselenggarakan Perkemahan Wirakarya untuk menambah wawasan dan pengetahuan anggota Pramuka. Mendekatkan pramuka dengan masyarakat. Pramuka hadir untuk mengabdi kepada masyarakat,” sebutnya.

Beragam kegiatan di bidang kesehatan dan pembangunan diharapkan bisa meningkatkan derajat kesehatan dan pendidikan masyarakat, khususnya di Desa Slukatan Kecamatan Mojotengah. Selama kegiatan anggota pramuka berbaur dengan masyarakat.

“Melalui kegiatan Perkemahan wirakarya, anggota pramuka juga dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat, bergotong royong dan mengikuti kegiatan sosial bersama. Anggota pramuka bisa mengambil pelajaran selama kegiatan perkemahan,” ujarnya.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka