blank
Avicena Maula El-Badranaya foto bersama dengan Ustadz dan Ustadzah TPQ Al-Mujahidin Perum Purnamandala Bumireso Wonosobo setelah menerima piala. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO-Santri Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Al-Mujahidin Perum Purnamandala Bumireso Wonosobo, Avicena Maula El-Badranaya (9), meraih juara 1 lomba pidato Bahasa Arab dalam gelaran Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) yang digelar Badko TPQ Wonosobo.

Dalam FASI tingkat Kabupaten Wonosobo yang digelar di Kampus SMP Negeri 1 itu, siswa Kelas 3B SD Negeri 1 Wonsoobo tersebut berhasil menyingkirkan puluhan peserta lainnya dari 15 kecamatan yang ada di Wonosobo.

Saat pelaksanaan lomba, bocah yang juga santri Ibtida’ Madrasah Diniyah (Madin) Pesantren Manjadda Wajada ini, berhasil memikat tim yuri karena penampilannya yang sempurna. Baik dalam penguasaan materi, intonasi dan kefasihan berbahasa Arab saat lomba pidato.

Karena berhasil juara 1 lomba pidato bahasa arab, Avis, demikian dia kerap disapa, berhak mengikuti gelaran FASI tingkat Propinsi Jawa Tengah mewakili Badan Koordinasi (Badko) Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Kabupaten Wonosobo.

Santri pendiam yang lahir di Wonosobo 6 Mei 2010 ini, selain jago bahasa arab, juga pernah meraih juara 1 Musabaqoh Murattal Alquran (MMQ) Wonosobo (2016) lalu dan juara 3 Kejuaraan Daerah (Kejurda) Bulutangkis Usia Dini Putra (2018).

blank
Kepala TPQ Al-Mujahidin Perum Purnamandala Evi Joharotun N menyerahkan piala kepada Avicena Maula El-Badranaya. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

Multi Talenta

Avis mengaku senang bisa meraih juara 1 lomba pidato bahasa arab. Dirinya berniat akan berlatih lebih gigih dan serius lagi agar bisa menggondol juara 1 lomba pidato bahasa arab dalam FASI tingkat Provinsi Jawa Tengah maupun nasional.

“Sebelum lomba, saya rajin latihan pidato Bahasa Arab bersama Ustadz dan Ustadzah di TPQ Al-Mujahidin dan dibimbing langsung orang tua di rumah. Alhamdulillah, berkat rajin latihan, doa dan dukungan semua pihak, bisa meraih juara 1,” akunya, Rabu (28/8).

Keterampilan berpidato bahasa arab Avis terasah berkat polesan ustadz dan ustadzah di TPQ Al-Mujahidin Perum Purnamandala maupun bimbingan orang tuanya, Dr K Nurul Mubin MSi yang juga Mundir Mahad Aly PP Al Mubaarok Manggisan Mojotengah Wonosobo.

Orang tua Avis, Dr K Nurul Mubin MSi mengatakan, selain aktif mengaji putra kedua dari empat bersaudara itu, juga giat mengikuti kegiatan olah raga. Alumni TK Aisyiyah 7 Perum Purnamandala itu, tercatat sebagai siswa Perguruan Silat Karate Indonesia.

“Avis juga rajin olah raga renang di Kolam Renang Mangli sepekan sekali dan menjadi anggota Club Badminton Bina Satria Tangkas (BST) Wonosobo. Antara sekolah dan ngaji bisa berjalan seiring. Ngaji itu olah hati dan olah raga itu olah fisik,” sebutnya.

Lantaran rajin olah raga, maka wajar jika postur tubuh putra pasangan Nurul Mubin dan Eva Maulida Nisfia itu, lebih bongsor dari teman-teman seusianya baik di SD Negeri 1 maupun di TPQ Al-Mujahidin. Avis memang punya postur tubuh tinggi-besar.

Saat ini, santri yang sudah mulai latihan berbisnis dengan jualan mie lidi di sekitar sekolah maupun TPQ tersebut, telah mengkhatamkan kitab Safinatun Najah, ‘Aqidatul Awam, Akhlakul Banin dan Hidayatul Muttallim, bersama orang tuanya.

Di bidang akademik, santri yang juga suka bermain sepeda onthel ini, meraih rangking 1 Kelas 3B SD Negeri 1. Meski masih terbilang kanak-kanak, Avis termasuk multi telenta karena mampu memadukan prestasi di bidang agama, olah raga dan akademik sekaligus.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka