Bagikan
Seorang anak tampak sedang bermain sepeda mini di objek wisata SinSu Taman Bermain dan Edukasi di kaki Gunung Sindoro-Sumbing Kledung Pass Wonosobo. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO-Wisata bermain anak berlatar belakang alam kini tengah jadi buruan pengunjung. Tempat wisata bermain anak biasanya orang tua akan mengajak anaknya untuk menghabiskan hari libur untuk berwisata sekaligus bermain.

Melengkapi wisata alam lain yang sudah ada sebelumnya, kini di bawah kaki Gunung Sindoro-Sumbing ada wahana baru untuk bermain dan berwisata anak dan keluarnya. Tempatnya asyik karena diapit oleh gunung “kembar”. Selain ada pemandangan alam, juga banyak wahana bermain anak.

Objek wisata tersebut bernama ‘’SinSu Taman Bermain dan Edukasi’’ yang berada di tepi jalan nasional Semarang – Purwokerto, tepatnya di Desa Reco, Kecamatan Kertek, Wonosobo.

Sejuk dan segarnya udara pegunungan, sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama anggota keluarga. Pemandangan lepas ke arah dua gunung dan hamparan lahan pertanian warga terlihat dari tempat wisata baru ini.

“Menariknya, wisata ini diapit dua gunung, yakni Gunung Sindoro dan Sumbing. Jadi selain bermain juga bisa menikmati pemandangan alam,” kata pengelola objek wisata SinSu Taman Bermain dan Edukasi, Wahyudi Panggung Winarno, Minggu (30/6).

Selain banyak spot selfie, wisata yang berada di lahan seluas 3,2 hektare ini menyuguhkan wahana bermain anak. Mulai dari wahana air, permainan anak, hingga panggung kesenian lokal. Spot selfie dan 10 wahana bermain anak banyak disenangi wisatawan.

Salah satu spot untuk foto selfie di objek wisata SinSu Taman Bermain dan Edukasi di kaki Gunung Sindoro-Sumbing Kledung Pass Wonosobo. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

Kesenian Lokal

“Ada mobil-mobilan listrik, mini tren, wahana air dan wahana lainnya. Sedang panggung pentas disediakan untuk menampilkan kesenian lokal setiap akhir pekan. Kesenian lokal digelar guna menghibur pengunjung yang tengah menunggui anaknya bermain,” terangnya.

Saat ini, untuk tiket masuk ke objek wisata SinSu, wisatawan cukup membayar Rp 10 ribu per orang. Panggung mengatakan, obyek wisata yang baru dibuka 1 Juni 2019 lalu ini, sementara fokus untuk wahana bermain anak.

Namun, saat ini, pihaknya masih melakukan pengembangan objek wisata tersebut.
Ke depan jika pengunjung kian bertambah bisa dilakukan perluasan lahan dan penambahan arena bermain anak. Dengan banyaknya wahana bermain, anak akan lebih betah di tempat ini.

“Sementara pengelola masih melakukan pengembangan. Saat ini masih fokus untuk permainan anak. Nanti direncanakan akan memperbanyak lagi spot selfie seperti patung Rama dan Sinta sebagai simbul pasangan harapnnya bisa menarik wisatawan milenial,” tuturnya.

Salah satu wisatawan dari Banjarnegara, Uje Hartono, mengaku awalnya penasaran dengan objek wisata SinSu saat perjalanan pulang dari Semarang. Menurutnya, wisata ini cocok untuk berlibur bersama anak-anak.

“Selain itu juga enak untuk beristirahat saat perjalanan jauh. Karena memang berada tepat di pinggir jalan. Lokasinya juga mudah dijangkau, baik dari arah Purwokerto maupun Semarang, karena berada di perbatasan antara Wonosobo-Temanggung,” ujarnya.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here