blank
Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi, menyaksikan pengoperasian aplikasi Si Songo. (Foto: dok)

JEPARA – Untuk memberikan pelayanan kedaruratan yang  cepat dan tepat, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara meluncurkan aplikasi Si Singo (Siji Siji Songo). Peluncuran aplikasi ini dilakukan Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi, Selasa (25/6), di Aula DKK Jepara.

Dengan peluncuran aplikasi ini, akan mempercepat koordinasi Public Safety Center (PSC) dan Tim Gerak Cepat (TGC). Selama ini menurut Kepala DKK Jepara,  Mudrikatun, PSC dab TGC masih menggunakan manual melalui telpon dan whatshap untuk proses penanganan kedaruratan sehingga dibeberapa kasus kedaruratan terlambat penanganannya.

“Karena itu kami menambah  dengan aplikasi Si Singo (Siji Siji Songo/119). Dimana masyarakat dapat melaporkan secara langsung melalui ponsel secara mudah.’’

‘’Cukup mengirim foto kejadian  ke call center.  Petugas call center akan memberikan alarm bahaya hingga tim penolong terdekat akan datang,” ujar Mudrikatun

blank
Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi, saat pengoperasian aplikasi Si Songo. (Foto: dok)

Dijelaskan lebih lanjut,  aplikasi ini merupakan salah satu bagian dari smart city yang harus dikembangkan. “Kemajuan pelayanan suatu daerah  bisa dilihat antara lain melalui kecepatan pelayanan kesehatan berbasis IT,”  tambah Mudrikatun.

Si Singo merupakan pusat layanan yang berhubungan dengan kegawatdaruratan medis pra rumah sakit, gangguan keamanan kebakaran, maupun bencana alam yang ada di Kabupaten Jepara.

Selain itu sebagai wadah koordinasi untuk memberikan layanan gawat darurat secara cepat dan tepat  bagi masyarakat selama 24 jam.

Pada layar monitor call center terdapat gambaran titik lokasi kejadian dalam bentuk peta yang menunjukkan lokasi armada ambulan terdekat, letak fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, Puskesmas, klinik. Juga jumlah persedian darah di PMI Jepara.

Menurut Mudrikatun,  sistem ini akan terkoneksi dengan unit teknis lainnya di luar bidang kesehatan seperti Kepolisian, TNI, BPBD maupun Satpol PP dan Damkar sesuai kebutuhan kedaruratan.

Disiapkan 12 Tenaga

Fungsi  Si Singo diantaranya memberi pertolongan pertama kepada korban, mengefakuasi korban, mengkoordinasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan, memberikan layanan mobil ambulan, serta informasi tentang ketersediaan tempat tidur rumah sakit dan  Puskesmas.

Sementara itu menurut Kepala Seksi Promosi Kesehatan DKK Jepara, Muslimin, setelah diluncurkan akan ditindaklanjuti  dengan penggalangan komitmen semua pihak.

‘’Termasuk penyiapan sumber daya manusia. Akan disiapkan  12 tenaga di call center untuk Si Singo ini,” katanya.

Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi memberikan apresiasi terhadap peluncuran aplikasi Si Singo yang tujuannya untuk memberikan kepastian pelayanan kepada masyarakat secara cepat dan tepat.

blank
Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi

‘’Karenanya perlu didukung pemangku kepentingan terkait. Langkah terpadu,  bersama dan koordinasi akan jadi kunci keberhasilan program ini,” ujar Dian Kristiandi.

 ( SuaraBaru.Id/HD)