Bagikan
Trisila Juwantara, Owner CV Yuasa Food, bersama Menteri BUMN Rini Soemarno Wonosobo

WONOSOBO-Minuman segar Carica dan Purwaceng merupakan jajanan langka dan khas Wonosobo.  Bahan baku minuman Carica dan Purwaceng hanya bisa tumbuh di Dataran Tinggi Dieng  (Dieng Plateau). Tidak bisa tumbuh di daerah lainnya.

Karena itu, dua jenis minuam tersebut disebut khas dan langka. Salah satu produsen  minuman Carica yang cukup terkenal di kota pegunungan ini adalah Yuasa Food Berkah  Makmur.

Pemilik produsen jajanan unik ini adalah Trisila Juwantara. Rumah produksi sekilgus  outlet aneka oleh-oleh makanan ringan miliknya berada di Jl Dieng KM 3,5 Munggang Atas  Krasak Mojotengah Wonosobo.

Oautlet yang dipunyai alumnus Jurusan Tehnologi Hasil Pertanian (THP) SMK Negeri  Pembangunan Temanggung ini tak jauh dari jalan utama. Hanya masuk kurang dari 50 meter  dari jalan raya Dieng – Wonosobo.

Di tempat ini tersedia banyak sekali makanan khas daerah Wonosobo. Ada aneka keripik,  seperti keripik jamur, keripik kentang, keripik kacang dieng, keripik tahu, keripik  paru, sale pisang, keripk nangka, keripik petos dan jajanan sejenis lainnya.

Khusus minuman Carica, ada carica mangkuk, carica jumbo, carica cup, carica pouch,  carica gelas, jusica dan syirup carica. Ada pula syrup salak pondok dan kurma salak.

Saat ini Trisila tengah mengembangkan produk minuman salak di Madukara Banjarnegara. Keripik jamur terdiri keripik jamur tiram, jamur tiram, kancing daun, kancing batang  dan keripik jamur kuping. Keripik kacang meliputi kacang dieng asin, kacang dieng  original, kacang bangkok dan kacang bawang.

Minuman purwaceng, keripik salak pondoh dan mie instan siap seduh pun tersedia.  “Pokoknya mau cari makanan khas dan langka di Wonosobo semua tersedia di outlet Yuasa  Food”, ucap Trisila Juwantara ketika ditemui suarabaru.id, Senin (3/5).

Trisila Juwantara saat menerima kenang-kenangan digitalisasi UMKM dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto : SuaraBaru.id/Wonosobo

Bahkan semua jenis olahan makanan khas yang diproduksi Yuasa Food telah tersebar luas  di pusat jajanan serba ada dan pusat oleh-oleh di berbagai kota di Jawa Tengah. Bahkan  jangkauan pasarnya sudah merambah di kota Jakarta, Bandung, Surabaya dan Yogyakarta.

Di bulan suci ramadan dan idul fitri tahun ini, outlet Yuasa Food bisa dijadikan tempat  untuk berbelanja minuman dan makanan khas. Minuman khas sangat cocok untuk diminum saat  berbuka puasa. Aneka keripik bisa dijadikan sajian tamu di meja saja saat lebaran tiba.

Raih Prestasi

Trisila terbilang pengusaha makanan ringan yang cukup sukses di Wonosobo. Kesuksesannya-pun telah menginspirasi banyak orang untuk melakukan hal yang sama. Buktinya, tiap saat  rumah produksi di datangi pelajar, mahasiswa, pelaku UMKM dan warga lainnya untuk  melakukan studi banding.

Tak hanya itu, tercatat mantan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, Gubernur saat ini  Ganjar Pranowo, menteri Koperasi dan UMKM dan duta besar dari berbagai negara pernah  mengunjungi tempat produksi carica dan makanan khas miliknya.

Sebagai pihak yang memproduksi makanan dan minuman, Yuasa Food telah mengantongi  berbagai penghargaan dan ijin sebagai produsen makanan yang punya standar kebersihan,  kesehatan dan kandungan gizi yang bai
Yuasa Food juga termasuk pelopor dari program One Village One Product (OVOP) yang dicanangkan pemerintah setempat. Selain itu, perusahaan makanan ringan ini telah  memperoleh sertifikat halal pula dari MUI Jawa Tengah, Hazard Analisys Critical Control  Point (HCCP dari VNZ New Zealand dan barcode dari GS 1 Indonesia.

Karena keunggulannya, maka wajar jika Trisila telah meraih banyak prestasi. Diantaranya  juara I Lomba Makanan Siap Saji Tingkat Nasional, juara III Lomba Makanan Higienes  Nasional Komenkop (2009), juara I IKM Award Jateng (2011).

Selain itu juga penghargaan Pro Mutu Award Menkop dan UKM (2011), Profesi Award  Entrupreneurship dan Citra Pengusaha Berprestasi (2010), IKM Award Nasional Kementerian  Perdagangan (2012), juara Lomba Ide Kewirausahaan Korea Indonesia (KONTRA) 2013.

“Saya juga pernah meraih penghargaan Indonesia Man and Woman Career of the Year 2013  dan IKM Inovatif Nasional 2013. Semua itu merupakan hasil kerja keras seluruh pihak di  Yuasa Food dan dukungan pemerintah daerah”, katanya.

Perusahaan makanan ringan yang punya kapasitas produksi 6000 carton carica perbulan  dengan jangkauan pemasaran seluruh kota besar di Indonesia dan siap menembus pasar  intenasional itu punya visi menjadi perusahaan pengolahan pangan dari hasil pertanian yang lezat, sehat dan bermutu.

Adapun hal yang dilakukan selama ini adalah dengan mengembangkan tanaman carica di  dataran tinggi Dieng dan mengolahnya menjadi produk olahan siap saji yang disukai konsumen. Produk carica tersebut dijamin memenuhi standar keamanan pangan internasional  (HACCP).

CV Yuasa Food saat ini juga telah menerapkan managemen ISO 9001 versi 2015. Yakni Setelah memproduksi carica, Trisila juga gencar melakukan promosi dan memasarkannya ke  seluruh wilayah Indonesia dan mancanegara. Pihaknya, selama ini aktif mengikuti pameran  di berbagai daerah. SuaraBaru.id/Muharno Zarka

Suasana pusat oleh-oleh khas lebaran Yuasa Food Wonosobo. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

Box Alamat :
Yuasa Food Berkah Makmur
Jl Dieng Km 3,5 Munggang Atas Krasak Mojotengah Wonosobo Jawa Tengah
Telp (0286) 324657 HP 081392193618 Fax (0286) 321960
email : trisilajuwantara@yahoo.com website : www.yuasafood.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here