Bagikan
PENGECEKAN : Pawas Polres Blora didampingi sejumlah anggota, melakukan tugas rutin pengecekan ruang tahanan, Minggu (12/8). Foto : Ist

BLORA – Ruang (kamar) tahanan Polres Blora dalam pengawasan dan pengecekan  Perwira Pengawasan (Pawas).  Kegiatan rutin itu juga dilaksanakan pada hari libur.

Kegiatan dilaksanakan secara kontinyu, untuk mengecek jumlah tahanan, ruang tahanan, dan kondisi kesehatan tahanan.

“Tidak hanya hari kerja, Minggu dan hari libur Pawas cek rutin,” jelas Kapolres Blora melalui Kasubbag Humas Iptu Eko Septi, Minggu (12/8).

Pengecekan tahanan, lanjutnya, dilaksanakan oleh Perwira Pengawas, Iptu Markus KBO Satlantas didampingi Ipda Lilik Widyastuti Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA).

Selain Pawas, pengecekan juga diikuti tiga anggota Satreskrim Polres Blora, dan tiga anggota jaga tahanan.

Dalam pelaksanaannya, Pawas mengecekan mulai dari jumlah tahanan, kondisi kesehatan para tahanan hingga melaksanakan pengecekan dimasing-masing ruang tahanan.

Ditegur

Menurut Eko Septi, pengecekan juga pada barang-barang yang dilarang berada didalam ruang tahanan,  misalnya pisau, silet atau sejenisnya, tali, korek api.

“Barang-barang lain yang dapat membahayakan jiwa para tahanan, juga dicek,” tambahnya.

Kegiatan rutin oleh Perwira Pengawas, dan anggota jaga tahanan, adalah program tetap dan standar operasinal prosedur  untuk antisipasi tahanan lari atau tahanan yang sedang menderita sakit.

“Tahanan kami cek satu persatu, ini untuk mendata tahanan Polres Blora selalu dalam kondisi sehat,” tambah Ipda Lilik Widyastuti.

Dengan kegiatan itu, juga sebagai upaya meminimalisir adanya tahanan kabur atau ingin melukai petugas jaga, tambah Lilik.

“Minggu hari ini, jumlah tahanan tujuh orang, semua dalam keadaan sehat, jelasnya lagi.

Selain itu, dalam pengecekan tersebut tidak ditemukan barang-barang terlarang berada di dalam ruang tahanan, kata Ipda Lilik Widyastuti.

Sedangkan dalam kegiatan itu, Pawas memberikan penekanan kepada petugas jaga agar selalu waspada  dalam pelaksanaan tugas jaga tahanan.

Petugas juga diminta rajin cek dan kontrol tahanan setiap jam sesuai SOP, dan melaporkan segera kepada pimpinan bila terjadi masalah dengan tahanan.

Sementara itu,  Iptu Markus menegaskan, apabila ada petugas maupun tahanan yang tidak sesuai aturan akan kita tegur.

“Arahan kami pada personil jaga, agar selalu menjaga kondusifitas ruang tahanan dengan tidak ada kekerasan,” kata Iptu Markus. (suarabaru.id/Hn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here