Bagikan
Xherdan Shaqiri/dok

MICHIGAN – Xherdan Shaqiri membuat debut maut bersama Liverpool ketika The Reds memukul Manchester United (MU) 4-1 dalam laga International Champions Cup (ICC) 2018 di Stadion Michigan, Minggu (29/7) pagi WIB. Selain sebuah gol, winger berkebangsaan Swiss itu juga menyumbang satu assist. Tiga gol lain Si Merah dihasilkan Sadio Mane (penalti), Daniel Sturridge, dan Sheyi Ojo (penalti). Gol tunggal The Red Devils dilesakkan lewat tendangan bebas Andreas Pereira.

Shaqiri baru dibeli dari Stoke City. Sebelumnya, pemain sayap 26 tahun itu melewati dua pertandingan pramusim melawan Borussia Dortmund dan Manchester City. Dia baru bergabung dengan skuad pada Selasa (24/7). Shaqiri masuk pada paruh kedua. Dia membuat assist pada gol Sturridge untuk membawa The Reds memimpin 2-1.

Puncak penampilan Shaqiri terjadi pada menit ke-82. Mantan pemain Bayern Munich itu mencetak gol salto dengan memanfaatkan umpan Ben Woodburn. Performa oke Shaqiri akan membuat persaingan di lini depan The Reds semakin menarik. Musim lalu trio penggempur dikuasai Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino.

Juergen Klopp, manajer Liverpool, sangat terkesan dengan gol bicycle kick Shaqiri. Di mata sang pelatih, itu tak wajar. ”Aksinya itu bagus. Setelah empat hari berada di klub, tidaklah wajar bisa beradaptasi sedemikian mantap dengan gaya main kami,” ungkap Klopp. Eks pelatih Borussia Dortmund ini menambahkan, Shaqiri memang diberi kebebasan di lapangan. Dia diminta main ofensif secara alamiah yang membuatnya bisa berlari mencari ruang di belakang barisan pertahanan.

”Shaqiri mampu menerjemahkan arahan yang diinginkan ketika membantu gol yang diceploskan Sturridge,” paparnya. Selepas menyelesaikan pramusim di Negeri Paman Sam, skuad Si Merah akan berlatih di Prancis. Mane dan kawan-kawan masih melakukan satu uji coba lagi melawan Napoli di Dublin, 4 Agustus mendatang. (rr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here