Bagikan
Ratusan orang dari OPD, TNI, Polri dan berbagai komunitas mengikuti kegiatan ‘’Njegur Kali Ngresiki Sampah’’ Kali Manggis. SMNet/dh

 

MAGELANG- Setelah beberapa hari lalu anggota Satpol PP, Linmas dan Pemadam Kebakaran melakukan bersih-bersih Kali Bening, Selasa (13/3) gantian Dinas Lingkungan Hidup dan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya bersama TNI, Polri dan berbagai komunitas membersihkan sampah di Kali Manggis.

Ratusan orang berpartisipasi pada kegiatan ‘’Njegur Kali Ngresiki Sampah’’.  Kegiatan itu dibuka Asisten Sekda Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra, Joko Budiyono, yang membacakan sambutan tertulis Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito.

Sigit menerangkan, sampah masih menjadi persoalan serius, karena di beberapa tempat pengelolaannya masih belum sesuai dengan teknik pengelolaan yang berwawasan lingkungan. Bahkan menimbulkan dampak negatif.

Terkait itu, dia meminta warganya untuk mengelola sampah  secara komprehensif dan terpadu  agar memberikan manfaat secara ekonomi , sehat dan aman bagi lingkungannya.

Dia menuturkan, kegiatan “Njegur Kali Ngresiki Sampah” yang
diprakasai Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang  merupakan
rangkaian  Hari Peduli Sampah 2018,  dan program  tiga bulan tanpa sampah.

Ini merupakan bentuk kepedulian dan kerinduan adanya
sungai yang bersih di Kota Magelang. Dengan dilaksanakan kegiatan ini  diharapkan ada manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat. ‘’Melalui kegiatan ini tidak hanya aspek estetika yang muncul, tetapi  juga aspek manfaat yang dirasakan seluruh masyarakat Kota Magelang,’’ tutur Sigit.

Kepala Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang, Machbub
Yani Arfian mengatakan,  tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan. Selain itu, dalam upaya mewujudkan  sungai yang bersih dan sehat, serta  untuk mendukung program kebersihan kota menjelang  penilaian tahap kedua Adipura.

‘’Sebab, pelaksanaan kegiatan  tiga bulan tanpa sampah yang dimulai sejak  21 Februari hingga 21 April 2018 turut berpengaruh pada penilaian  tahap kedua tersebut. Jika program ini  dinilai
positif, maka penilaian Adipura tentu baik.  Sebaliknya, jika  program  ini dinilai negatif, maka penilaian Adipura juga ikut jelek,’’ terangnya.

Kali Manggis yang dibersihkan sepanjang 1 kilometer. Yaitu mulai  depan Gapura Kerkhof di Jalan Ikhlas hingga belakang Mapolsek Magelang Selatan di Jalan Jenderal Sudirman. (SMNet/dh)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here