blank
Ilustrasi pembayaran menggunakan metode QRIS. Foto: Freepik

Oleh karenanya, penduduk Indonesia dapat menggunakan QRIS sebagai transaksi di negara yang terhubung tanpa perlu menukar Rupiah dengan mata uang setempat. Sebaliknya, wisatawan asing dapat menggunakannya QRIS untuk bertransaksi ketika berada di Indonesia tanpa harus menukar uangnya dengan Rupiah. Beberapa negara yang sistem pembayaranya terkoneksi dengan QRIS Bank Indonesia antara lain Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Vietnam.

QRIS Cross Border adalah keniscayaan.  Implementasi QRIS Cross Border adalah bentuk nyata ketetuaan Indonesia di ASEAN 2023 yang mengangkat tema “ASEAN-led Cross-Border Payment Connectivity, from ASEAN to Global”. Dengan konektivitas pembayaran dalam kawasan, ASEAN diharapkan menjadi  pusat pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berkelanjutan bagi dunia.

Digitalisasi dalam sistem pembayaran dibutuhkan untuk meciptakan ekonomi inklusif. Artinya, terhubungnya sistem pembayaran digital pada berbagai negara di dunia akan mempercepat terwujudnya Sustainable Development Goals SDGs tertutama tujuan dunia tanpa kemiskian, tanpa kelaparan, dan kehidupan sehat sejahtera (tujuan 1, 2 dan 3). Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat dan telah masif digunakan diberbagai negara memungkinkan terkoneksinya sistem pembayaran secara global.

Masyarakat dunia membutuhkan  sistem pembayaran yang mudah, cepat, dan aman lintas negara. QRIS Cross Border memenuhi kualifikasi tujuan tersebut. QRIS Cross Border adalah “WORLD CONNECT” yang dimulai dari “ASEAN CONNECT”. QRIS memungkinkan setiap orang, setiap elemen dalam masyarakat dunia terlibat dalam pertumbuhan ekonomi melalui integrasi ekonomi khususnya sistem pembayaran yang mendunia.

Claudia