Bibimbab makanan tradisional khas korea. Foto: Pixabay

2. Tteokbokki

Tteokbokki merupakan salah satu street food paling terkenal di Korea Selatan. Para pecinta drama Korea pasti tidak asing lagi dengan makanan sejenis kues beras baluran saus merah kental yang pedas ini. Para tokoh drama Korea biasanya suka menyantap tteokbokki saat asap panas masih mengepul.

Konon, pada 400 tahun yang lalu, tteokbokki tidak dimasak dalam sambal merah gochujang seperti sekarang. Tetapi, ditusuk dengan lidi seperti sate. Kemudian saat Kerajaan Joseon berkuasa, tidak semua orang bisa memakan tteokbokki karena ini merupakan hidangan kerajaan yang dinikmati para bangsawan.

Setelah perang Korea pada tahun 1950-an, barulah tteokbokki hadir dengan kuah saus gochujang, dan dapat dinikmati oleh seluruh kalangan.

Baca Juga: Menjaga dan Mengatasi Berbagai Masalah, Ini 4 Manfaat Daun Thyme bagi Kesehatan

Sama seperti ramyeon, tteokbokki banyak disukai masyarakat Korea karena harganya yang murah dan dapat dijumpai di banyak tempat. Mulai dari gerobak pedagang di pinggir jalan hingga di restoran besar.

Selain pedas, tteokbokki memiliki berbagai variasi; ada tteokbokki dengan keju dan tteokbokki goreng. Tteokbokki juga sering ditemani dengan berbagai topping, seperti fish cake, sosis, dan telur.

3. Korean Fried Chicken

Makanan lain yang tidak pernah absen di drama Korea yaitu ayam goreng. Ayam goreng menjadi makanan yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Korea. Bahkan, para turis yang berlibur ke Korea mengaku jika ayam goreng Korea merupakan makanan favorit mereka.

Baca Juga: Dapat Menjaga Fungsi Organ Tubuh, Yuk Simak 5 Manfaat Hati Ampela

Pada awal tahun 1960-an, ayam goreng ala Amerika Serikat masuk ke Korea Selatan kemudian dimodifikasi oleh orang Korea dengan menggunakan tepung yang lebih renyah dan bumbu yang lebih gurih.

Pada tahun 1997-1998, Korea Selatan mengalami krisis finansial Asia yang menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan dan pendapatan mereka. Akhirnya, orang-orang memutuskan membuka restoran ayam goreng untuk memperoleh pendapatan.

Kini, terdapat lebih dari 50 ribu restoran yang menjual ayam goreng di Korea Selatan. Dengan banyaknya restoran yang menjual ayam goreng, hidangan Korea ini pun hadir dengan berbagai varian; boneless, spicy, berbalur madu, ditaburi bubuk keju, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Resep: Chicken Egg Roll