Bibimbab makanan tradisional khas korea. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kamu penggemar drama Korea? Kalau iya, pasti kamu sering melihat adegan para tokohnya makan-makan, kan? Nah, makanan-makanan yang sering muncul di drama Korea itu ternyata banyak yang merupakan makanan tradisional, lho.

Ciri khas dari masakan Korea yang paling utama adalah makanan fermentasi agar makanan tersebut dapat disimpan dan dimakan dalam jangka panjang. Makanan fermentasi yang representatif adalah kimci dan bumbu perasa, seperti pasta kedelai, kecap asin, pasta cabai dan ikan asin.

K-food (Korean food) merupakan istilah untuk menyebutkan makanan khas buatan Korea. Beberapa makanan Korea yang terkenal seperti kimci, kimbab, bibimbab, jajangmyeon, bulgogi dan ramyeon.

Baca Juga:Sering Digunakan Dalam Jajanan Korea, Ini 5 Manfaat Gochujang Bagi Kesehatan

Berkat kemunculannya di drama Korea, banyak orang termasuk Indonesia yang penasaran dan ingin mencoba memakan makanan-makanan khas Korea tersebut.

Dilansir dari Suara.com, apa saja makanan tradisional Korea yang terkenal berkat kemunculannya di drama Korea, ya? Yuk, simak di bawah ini!

1. Ramyeon

Ramyeon adalah mie instan ala Korea yang telah menjadi salah satu makanan pokok masyarakat Korea. Pada tahun 1960-an, ramen Jepang masuk ke Korea dan dimodifikasi menjadi mie yang lebih tipis dengan kuah yang lebih pedas. Sajian Jepang ini pun berubah nama menjadi ‘Ramyeon’.

Baca Juga:Resep: Jajanan Korea ‘Corn Dog’

Tiga tahun kemudian, perusahaan Samyang Foods yang didirikan oleh Jung Yun-Jeon meluncurkan mie ramyeon instan pertama di Korea Selatan, yaitu Shin Ramyeon. Shin Ramyeon dengan cepat menjadi terkenal di Korea Selatan, dan hingga saat ini masih menjadi merek ramyeon instan terlaris di Korea Selatan.

Selain karena rasanya yang enak, ramyeon menjadi populer karena harganya yang murah dan praktis untuk dibuat. Hal ini membuat ramyeon menjadi pilihan yang tepat bagi para pekerja yang sedang lembur, para pelajar yang harus belajar hingga dini hari, atau saat hangout bersama teman-teman.

Ramyeon menjadi semakin terkenal di seluruh dunia setelah sering muncul dalam berbagai drama Korea. Saat ini, ramyeon telah diekspor ke lebih dari 100 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Fakta-fakta di Balik Kepopuleran Jajanan Khas Korea