Bibimbab makanan tradisional khas korea. Foto: Pixabay

Ayam goreng juga dapat dibeli dalam berbagai bentuk, mulai dari ayam goreng kemasan hingga ayam goreng yang dimasak di restoran.

4. Sundubu-jjigae

Di Korea Selatan, ada makanan tradisional berbahan baku berupa tahu sutera, yaitu sundubu-jjigae. Dalam bahasa Inggris, hidangan ini dikenal dengan nama korean soft tofu stew. Sundubu-jjigae terkenal karena memiliki cita rasa kuahnya yang pedas dan kuat, namun sensasi gurihnya masih tetap terasa.

Sup tahu Korea ini sudah dikonsumsi oleh masyarakat Korea sejak Dinasti Joseon. Pada saat itu, sundubu-jjigae merupakan makanan yang dimasak di rumah tangga yang berisikan bahan-bahan sederhana, seperti tahu sutera, daging, dan sayuran.

Baca Juga: Cocok Jadi Takjil Buka Puasa, Ini 5 Variasi Minuman Khas Korea Yang Segar

Dan pada abad ke-20, sundubu-jjigae mulai dimodifikasi dengan berbagai macam topping, seperti seafood, kimchi, dan keju.

Sundubu-jjigae biasanya disajikan menggunakan ttukbaegi. Ttukbaegi adalah mangkuk keramik tradisional untuk menghidangkan masakan Korea. Usut punya usut, mangkok ini memang dipakai pada sajian yang disantap selagi hangat karena dapat menyerap panas.

Di beberapa drama Korea, sundubu-jjigae sering disantap oleh para tokohnya ketika musim hujan tiba karena dapat memberikan kehangatan pada tubuh.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Drama Korea ‘Law’ di Tahun 2022

5. Bibimbap

Bukan hanya Indonesia saja yang memiliki nasi campur, Korea Selatan pun punya dan dikenal dengan nama Bibimbap.

Menurut sejarah, bibimbap tercipta pada masa perang Imjin ketika rakyat setempat harus menyiapkan masakan yang praktis dalam keadaan genting. Sesuai namanya, bibimbap diambil dari bahasa Korea, “bibim” yang artinya campur, sedangkan “bap” yaitu nasi.

Sajian menu khas Korea ini merupakan makanan sehat, karena di dalamnya terdapat berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh. Ada nasi sebagai sumber karbohidrat, ada sayuran sebagai sumber vitamin, mineral, dan serat, kemudian ada daging dan telur sebagai sumber protein.

Baca Juga: Ini Resep dan Cara Membuat Kimbab Sederhana untuk Buka Puasa ala Korea