Drama korea 'Juvenile Justice'. Foto: Asianwiki

SEMARANG (SUSRABARU.ID)- Pencinta drama Korea tentu saja menyadari bahwa sepanjang tahun 2022 banyak sekali drama Korea dengan tema legal yang tayang. Tidak hanya tayang melalui saluran televisi, namun juga ditayangkan oleh berbagai platform layanan streaming online.

Dilansir dari Suara.com, tahun ini drama dengan tema legal tidak kalah seru dengan drama bertema ringan. Dijamin 9 drama Korea bertema legal ini juga mampu membuat penonton kecanduan. Berikut adalah 9 drama Korea dengan tema legal terbaik sepanjang tahun 2022.

1. Juvenile Justice (Februari)

Untuk pertama kalinya drama tentang peradilan anak diangkat. Bercerita mengenai hakim Shin yang menjadi hakim untuk peradilan anak. Alasannya bekerja justru adalah karena ia sangat membenci pelaku kejahatan anak. Ia sering kali memberikan hukuman maksimal pada pelaku kejahatan.

Series netflix ini kemudian menekankan isu benarkah penjahat anak mendapatkan hukuman yang setimpal dengan perbuatannya? Karena pada akhirnya penjahat di bawah umur hanya mendapatkan pendampingan, bukan hukuman.

2. Military Prosecutor Doberman (Februari)

Seperti judulnya, drama ini adalah tentang pengadilan militer. Diperankan oleh Ahn Bo-Hyun dan Jo Bo-Ah sebagai jaksa militer.

Meskipun mereka memiliki latar belakang yang berbeda, namun mereka bersatu untuk membongkar kejahatan militer. Keseruan mereka dalam bekerja sama berhasil menembus rating 10% pada episode terakhirnya.

3. Again My Life (April)

Berkisah tentang Lee Joon-Gi yang mendapatkan hidupnya lagi setelah dibunuh. Awalnya dia adalah seorang siswa yang biasa saja dan cenderung tidak pintar. Namun ia bekerja keras hingga berhasil masuk universitas dan lulus. Saat ini dia adalah jaksa yang menyelidiki kasus korupsi yang dilakukan oleh politisi.

Namun, saat ditengah penyelidikan ia dibunuh oleh seseorang. Dengan ceritanya yang seru berhasil membawanya ke peringkat lima besar secara rata-rata dalam peringkat rating pada jam tayangnya. Serta menembus 10% menurut AGB Neilson pada episode terakhirnya.

4. Doctor Lawyer (Juni)

Bercerita tentang seorang dokter bedah yang melakukan operasi, namun pasiennya justru meninggal. Akibatnya, ia dicabut izin medisnya.

Empat tahun berlalu, Han Yi-Han justru menjadi pengacara dengan spesialisasi permasalahan medis. Secara Nasional drama ini berhasil mencetak 5 hingga 7% selama penayangannya menurut AGB Nielson.

5. Why Her? (Juni)

Oh Soo-Jae adalah seorang pengacara terkenal dan berbakat. Dia adalah wanita penuh ambisi untuk mencapai kesuksesan kariernya. Namun dia mendapatkan perlakuan yang tidak adil.

Kemudian Soo-Jae dicabut izin pengacaranya dan ditugaskan mengajar sebagai dosen. Dia berusaha melawan dan mengungkap keburukan atasannya dengan dibantu oleh para mahasiswanya.

6. Extraordinary Attorney Woo (Juni)

Merupakan drama yang mengangkat kisah seseorang pengacara dengan ganguan spektrum autisme. Namun sebenarnya Woo Young-Woo sangat cerdas. Ia memiliki ingatan yang tajam.

Ia juga memiliki perspektif yang luar biasa dalam memecahkan kasus. Namun dia kurang memiliki empati dan kemampuan sosial. Drama ini berhsil meraih kesuksesannya dengan mencetak rating 17,5% di episode terakhir.

7. The Law Cafe (September)

Ini adalah drama bertema legal yang cukup ringan ya. Dilatarbelakangi dengan persahabatan antara Lee Se-Young dan Lee Seung-Gi selama 17 tahun yang berubah menjadi romansa. Mereka berdua tinggal dalam satu gedung dan membuat cafe yang menyajikan kopi dan nasehat hukum.

8. One Dollar Lawyer (September)

Cheon Ji-Hun adalah pengacara dengan tarif 1.000 Won atau setara dengan 1 Dolar. Meskipun bertarif murah dia adalah seorang pengacara yang handal. Dia bertemu dengan Baek Ma-Ri yang merupakan cucu dari firma hukum terkenal di Korea Selatan.

Namun, dia justru diminta kakeknya untuk bekerja di tempat pengacara Cheon Ji-Hun. Penonton akan disajikan drama legal dengan banyak kelucuan melalui drama ini. Mendapatkan banyak cinta dari penonton, drama ini berhasil mendapatkan 15,2% di episode terakhirnya.

9. Bad Prosecutor (Oktober)

Drama ini adalah tentang jaksa yang diperankan oleh Do Kyung-So. Dia melakukan tipu daya dari pada praktik hukum yang seharusnya. Namun itu semua adalah untuk mendapatkan kebenaran dan keadilan. Dia bertekad untuk membela yang lemah serta melawan orang-orang jahat.

Itu merupakan 9 drama Korea terbaik sepanjang tahun 2022. Bagi kalian penggemar drama Korea dengan tema legal jangan sampai ketinggalan salah satu drama terbaik di tahun ini ya!

Claudia