blank
Ilustrasi penggunaan sun lotion pada kegiatan sehari-hari. Foto: freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sunscreen atau sunblock atau juga sun lotion merupakan produk skincare yang membantu melindungi kulit kamu dari sinar UV matahari. Produk ini melindungi kulit dari kerusakan seperti terbakar sinar matahari, keriput dan hiperpigmentasi, dan juga dapat menurunkan risiko kanker kulit.

Sunscreen adalah lotion pelindung dari sinar matahari yang bisa menyerap ke dalam lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah masuk ke dalam kulit. Sunscreen biasanya melindungi kulit dari sinar UVB saja.

Manfaat sunscreen yang utama yaitu, melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV), baik ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB). Kedua jenis sinar UV tersebut dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Baca Juga: Manfaat Sunscreen Untuk Kulit Wajah dan Tips Penggunaanya Agar Hasil Maksimal

Selain itu, manfaat lain dari produk tersebut juga mencegah kulit terbakar akibat sinar matahari, mencegah penuaan dini, dan mencegah segala kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dalam menggunakan sunscreen tentu perlu untuk memperhatikan step by step yang benar dan tidak boleh sembarangan. Namun, banyak orang mungkin belum sadar bahwa masih banyak kesalahan dalam menggunakan sunscreen di kehidupan sehari-hari yang malah membuat kinerja sunscreen tersebut tidak optimal.

Pentingnya melindungi kesehatan kulit, maka penting pula untuk mengetahui kesalahan dalam mengakplikasikan sunscreen. Yuk kita simak bersama!

Baca Juga: Pakai BB Cream Ber-SPF, Masih Perlukah Menggunakan Sunscreen Lagi?

1. Menggunakan Terlalu Sedikit

Menurut American Academy of Dermatology Association, kebanyakan orang hanya menggunakan sekitar 25-50% saja dari jumlah tabir surya yang disarankan. Padahal penggunaan sunscreen yang terlalu sedikit justru tidak mampu menutupi kulit secara merata. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, para ahli menyarankan untuk rutin menggunakan sunscreen 15 menit sebelum pergi keluar dan re-apply setiap 2 jam.

2. Memakai Hanya saat Cuaca Cerah

Banyak orang memilih untuk menggunakan sunscreen hanya saat cuaca sedang terik-teriknya. Saat cuaca berawan, mereka malah mengabaikannya. Hal semacam itu justru salah besar, meskipun cuaca yang mendung sinar UV dari sinar matahari masih tetap ada dan menembus kulit. Maka daripada itu, sangat penting untuk tetap menggunakan sunscreen meskipun mendung dan sinar matahari tidak seterik biasanya.

3. Menggunakan Produk Sunscreen Kadaluwarsa

Sama seperti produk skincare, sunscreen memiliki batas tanggal penggunaan yang tidak boleh melebihi waktu kadaluwarsa. FDA menerangkan bahwa sunscreen masih bisa digunakan hanya sampai kurung waktu 3 tahun saja. Apabila telah melewati batas waktu kadaluwarsa, maka produk tersebut sudah tidak mampu memberikan perlindungan yang baik lagi untuk kulit.

Baca Juga: Tips Melembabkan Kulit Kering

5. Hanya Memperhatikan Kata SPF

Dalam membeli sunscreen hal pertama yang pasti dilihat adalah seberapa besar kandungan SPF yang ada bukan? Eits, padahal terdapat hal yang lebih penting lagi yakni kata “broad spectrum” yang justru menunjukkan sunscreen tersebut membantu kulit terhindar dari kanker kulit, penuaan dini, dan kerusakan kulit lainnya. Dilansir melalui Real Simple, tidak semua produk sunscreen SPF berspektrum luas. Oleh sebab itu, perlunya selektif lagi dalam memilih produk sunscreen agar tidak muncul kesalahan-kesalahan lain.

6. Sering Menghindari Bagian Tertentu

Saat mengoleskan sunscreen, kita mungkin sering melupakan bagian-bagian tersembunyi seperti leher dan telinga. Dr. Downie mengatakan bahwa sungguh tidak mengherankan apabila bagian-bagian tersebut sering muncul sel basal dan sel skuamosa yang merupakan jenis kanker kulit non-melanoma yang sering terjadi. Dari kesalahan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa sangat penting untuk menggunakan sunscreen meskipun di bagian tersembunyi sekalipun.

Nah, itu dia paparan singkat tentang kesalahan-kesalahan saat menggunakan produk sunscreen di kehidupan sehari-hari. Untuk mendapatkan perlindungan ekstra penting pula untuk memperhatikan hal-hal tersebut dan tidak hanya mengandalkan tabir surya saja terutama saat cuaca panas tengah melanda akhir-akhir ini.

Pastikan tetap melindungi kulitmu dengan menggunakan pakaian tertutup hingga topi yang dapat menangkal sinar matahari mengenai kulitmu secara langsung. Semoga membantu!

Claudia