blank
Ilustrasi. Foto: reka wied

KULIT merupakan bagian luar tubuh yang langsung berhadapan dengan sinar matahari. Oleh karena itu, wajib bagi kita untuk melindunginya. Ada dua produk perawatan kulit yang menjadi kuncinya yaitu sunblock dan sunscreen. Meskipun terdengar familiar, keduanya mempunyai perbedaan klaim.

Sunblock dapat menangkal sinar UVA (sinar ultraviolet A gelombang Panjang), UVB (sinar Ultra Violet B gelombang pendek), sedangkan sunscreen hanya dapat menangkal sinar UVB karena mempunyai kandungan yang lebih ringan. Oleh sebab itu, banyak orang menggunakan sunscreen di wajah untuk perawatan.

Memakai sunscreen saat keluar rumah menjadi hal yang penting. Manfaat sunscreen (sering disebut tabir surya) untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Produk ini biasanya digunakan pada pagi hari.

Jika kulit dibiarkan terpapar sinar matahari secara langsung, hal tersebut berbahaya untuk kesehatan kulit diantaranya dapat menyebabkan penuaan dini, menimbulkan flek hitam, serta kanker kulit.

Memang benar, memakai sunscreen tidak akan menimbulkan manfaat secara instan. Namun, jika kita memakainya secara rutin akan terlihat hasilnya di waktu yang akan datang.

Lantas, apa saja manfaat sunscreen bagi kulit wajah? Berikut beberapa manfaat pemakaian sunscreen secara rutin bagi kulit wajah.

Mencegah penuaan dini

Penuaan dini dimulai dari timbulnya bercak hitam, garis halus, kulit keriput, dan kulit kering. Hal tersebut disebabkan oleh paparan sinar matahari ke kulit wajah. Dengan menggunakan sunscreen kita dapat mengurangi risiko penuaan dini.

Mengurangi risiko kanker kulit

Sunscreen bisa mengurangi risiko kanker kulit, terutama bagi orang yang mempunyai kulit sensitif. Karena sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Menghindari paparan sinar UV

Paparan sinar matahari sangat berbahaya karena mengandung UVA dan UVB. Jika kulit terpapar sinar matahari terlalu lama, hal tersebut akan menyebabkan kanker kulit. Pastikan anda menggunakan sunscreen secara rutin.

Menghindari terjadinya iritasi pada kulit

Iritasi bisa terjadi karena kulit mengalami pengelupasan, rasa gatal, terbakar, dan kemerahan. Hal tersebut terjadi jika terkena paparan sinar matahari yang membakar lapisan epidermis kulit (sunburn). Jadi gunakanlah sunscreen dengan SPF 30 atau SPF 50 saat berada di luar ruangan.

Meratakan warna kulit

Jika anda mempunyai kulit belang, maka aplikasikanlah sunscreen secara rutin ke seluruh kulit wajah terutama yang terkena paparan sinar matahari.

Lalu, bagaimana cara menggunakan sunscreen dengan benar? Setelah mengetahui manfaat pemakaian sunscreen secara rutin bagi kulit wajah, pasti penasaran kan bagaimana cara menggunakannya dengan benar?

Nah, berikut ini tips penggunaan sunscreen agar penggunaannya maksimal.

Pilihlah produk sunscreen yang tepat. Sebelum memakai, anda harus mengetahui kandungan yang ada di dalam sunscreen. Jika pergi ke luar ruangan pakailah sunscreen dengan kandungan SPF 50. Namun, jika hanya di dalam ruangan pakailah sunscreen dengan SPF 30.

Kocoklah botol sunscreen

Jika sunscreen anda sejenis spray, maka kocoklah dahulu sebelum disemprotkan ke wajah. Hal tersebut berfungsi untuk menghindari kandungan sunscreen yang menggumpal di dasar botol.

Sebaiknya gunakan sunscreen minimal 15 menit sebelum anda terkena paparan sinar matahari. Hal tersebut penting karena sunscreen baru akan bekerja secara efektif setelah 15 menit pengaplikasian.

Gunakan dengan porsi yang tepat. Umumnya penggunaan sunscreen adalah sekitar dua ruas jari untuk kulit wajah dan leher. Sedangkan untuk seluruh tubuh, anda dapat mengoleskan sunscreen dengan takaran dua sendok makan.

Oles sunscreen secara merata. Pastikan anda mengoleskan sunscreen secara merata ke area kulit wajah dan tubuh. Dengan seperti itu, sunscreen dapat melindungi seluruh permukaan kulit secara efektif.

Nah, itulah manfaat sunscreen untuk kulit wajah dan tips penggunaanya agar hasil maksimal.

Agar kulit tetap sehat, anda juga harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat dan menggunakan skincare yang tepat.

Aninda Eka Rahayu