Ilustrasi pupuk kompos dari limbah sisa makanan. Foto: Pixabay

SEMARANG  (SUARABARU.ID)- Terkadang kita bingung bagaimana harus mengolah sisa makanan yang sudah tidak terpakai di rumah, sisa dari makanan yang anda masak atau beli tidak harus dibuang begitu saja.

Sisa makanan (food waste) merupakan makanan yang dibeli, dipersiapkan, diantar (delivered) dan dimaksudkan untuk dimakan oleh pasien, tetapi tidak disajikan karena hilang pada proses penyajian (unserved meal) atau sisa di piring saat dimakan (plate waste) di akhir pelayanan makanan (food service).

Dilansir dari Suara.com, sisa makanan yang menumpuk tersebut dapat dimanfaatkan untuk hal yang lebih berguna salahsatunya dibuat sebagai pupuk kompos atau organik. Selain ramah lingkungan karena tidak menumpuk sampah, mendaur ulang sisa makanan juga menjadi keuntungan untuk pengolahan pertanian di kebun anda.

Baca Juga: Baik Untuk Pencernaan, Ini 4 Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan

Menjadikan sisa makanan yang tidak terpakai sebagai pupuk kompos justru mendatangkan beragam hal positif serta menguntungkan. Menyadur dari nationalgeographic.grid.id, ada beberapa manfaat dari menjadikan sisa makanan sebagai pupuk kompos:

1. Mengurangi Sampah Menumpuk

Memanfaatkan sisa makanan yang sudah tidak terpakai dapat mengatasi permasalahan penumpukan sampah di rumah kalian. Sisa makanan yang anda buang di tempat pembuangan sampah beresiko memunculkan masalah yang lain yaitu pencemaran lingkungan. Dengan menjadikan sisa makanan sebagai pupuk kompos anda telah membantu meringankan tugas dari tukang sampah serta menyelematkan lingkungan dari kerusakan lingkungan.

2. Menyuburkan Tanaman di Kebun

Jika anda mempunyai hobi menanam tanaman di kebun, anda tentu membutuhkan pupuk untuk menyuburkan tanaman yang sedang tumbuh. Sisa makanan yang sudah tidak terpakai di dapur dapat anda olah menjadi pupuk kompos untuk tanaman di kebun, pupuk kompos yang dibuat dari sisa makanan mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tanah sehingga sangat membantu meningkatkan kualitas tanah.

Baca Juga: Sering Dianggap Tidak Berguna, Yuk Simak 3 Manfaat Limbah Sisik Ikan

Keuntungan lainnya dengan menggunakan pupuk kompos dari sisa makanan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk tanaman. Penggunaan kompos dari sisa makanan juga terjamin lebih aman karena tidak tercampur banyak zat kimia di dalamnya.

3. Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Sampah sisa makanan merupakan zat organik, jika sisa makanan menumpuk dan membusuk di tempat pembuangan sampah maka secara otomatis akan mengeluarkan gas metana. Gas metana ini sangat berbahaya untuk lingkungan sekitar, gas metana merupakan penyebab fenomena rumah kaca. Walaupun hal yang sepele tetapi nyatanya sangat membahayakan, karena itu dengan menjadikannya sebagai pupuk kompos dapat mencegah penumpukan gas metana ini.

4 Mencegah Pencemaran Air

Selain menghasilkan gas metana di udara, sisa makanan yang membusuk di tempat pembuangan sampah juga beresiko menimbulkan pencemaran air. Sisa air dari makanan yang busuk akan meresap ke dalam tanah dan mencemari sumber air di bawah tanah, dengan mengakalinya sebagai pupuk kompos maka anda telah menyelamatkan sumber air yang akan digunakan oleh banyak orang.

Baca Juga: Dapat Mengontrol Gula Darah, Ini 3 Manfaat Sarapan Pagi yang Sayang Untuk Dilewatkan

5. Menghasilkan Uang

Kebutuhan pupuk yang dicari di pasar relatif masih tinggi, anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari uang tambahan lewat sisa makanan yang dijadikan kompos. Kompos yang sudah anda buat dapat ditawarkan kepada petani, pekerja kebun, atau orang-orang yang memiliki kebun atau kebun sayur. Selain itu anda bisa juga menggunakan jasa jual beli online untuk memasarkannya.

6. Menciptakan Lingkungan yang Sehat

Dengan menjadikan sisa makanan menjadi pupuk kompos maka secara otomatis anda telah mengurangi penumpukan sampah di lingkungan sekitar, sampah yang menumpuk memicu banyak sekali penyakit-penyakit berbahaya bagi manusia. Karena jika sampah yang seharusnya menumpuk sudah hilang maka lingkungannya juga menjadi sehat dan aman.

Itulah 6 manfaat berguna dengan menjadikan sisa makanan tak layak konsumsi sebagai pupuk kompos. Semoga berguna dan dapat membawa kebaikan bagi kalian.

Claudia