blank
Ilustrasi sarapan sehat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sarapan merupakan waktu makan terpenting, karena dapat membantu metabolisme dan membakar kalori sepanjang hari. Jika terlalu sering melewatkan sarapan, vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak akan terpenuhi dengan baik.

Sarapan dilakukan antara bangun pagi sampai jam 9 untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15-30% kebutuhan gizi) dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif, dan produktif. Masyarakat Indonesia masih banyak yang belum membiasakan sarapan.

Sarapan pagi sangat bermanfaat bagi setiap orang. Bagi orang dewasa,sarapan pagi dapat memelihara ketahanan fisik, mempertahankan daya tahan tubuh saat bekerja dan meningkatkan produktivitas kerja.

Baca Juga: Tips Membuat Bubur Untuk Sarapan Sehat Setiap Hari

Dengan sarapan, tubuhmu bisa mendapat energi yang dibutuhkan untuk beroperasi dengan maksimal. Tanpa sarapan, badan akan terasa lemas. Tak hanya itu, dengan sarapan , mood seseorang bisa jauh lebih baik ketimbang yang tidak makan di pagi hari. Melakukan sarapan hanyalah soal rutinitas.

Kemudian menu sarapan pagi yang sehat pun harus dilakukan seperti misalnya oatmeal karena bisa memberikan energi lebih pengganti nasi. Para ahli pun menyebutkan bahwa sarapan pagi yang sehat menjadi kunci untuk untuk memulai hari sebelum melakukan aktivitas.

Melansir dari laman honestdocs.id, berikut ini adalah beberapa manfaat sarapan pagi sehat yang sayang untuk dilewatkan:

Baca Juga: Lima Rekomendasi Menu Sarapan Sehat Bagi Pejuang Diet

1. Menghasilkan energi

Dua jenis nutrisi yang harus ada dalam menu sarapan setiap hari adalah karbohidrat dan protein. Apalagi karbohidrat ini penting sebagai bahan bakar dalam membuat energi tubuh, lain dengan protein yang berfungsi guna memberikan rasa kenyang.

Kemudian untuk contoh menu sarapan praktis yang kaya karbohidrat dan protein semisal sereal gandum utuh, roti, susu rendah lemak, yogurt, keju, buah, atau sayuran segar.

2. Jaga berat badan

Apakah kalian pernah merasa kalap makan saat jam makan siang? Apabila hal ini terjadi itu bisa menjadi akibat tidak sarapan. Pasalnya, jika tidak melakukan sarapan sebelumnya, tubuh bisa mengalami kekurangan energi dan butuh lebih banyak asupan makanan saat jam makan siang.

Baca Juga: Tips Menjaga Pola Makan Agar Pencernaan Lancar

Kemudian terlalu banyak makan di siang hari juga bisa membuat mengantuk dan lama-lama berat badan naik.

Selain itu, jika melewatkan sarapan pagi, hal ini pun bisa membuat kita menjadi tergoda untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji, donat, atau makanan manis lainnya yang justru membuat berat badan naik.

3. Mengontrol gula darah

Dengan tidak melewatkan sarapan pagi bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari. Untuk mereka yang mempunyai gula darah normal, dengan rutin sarapan bisa menurunkan risiko resistensi insulin penyebab diabetes.

Baca Juga: Lima Jenis Makanan yang Kurang Baik DiKonsumsi Saat Sarapan

Kemudian bagi yang mempunyai diabetes, penting untuk rutin sarapan pagi setiap hari jika tidak tubuh bisa mengalami kekurangan nutrisi dan glukosa yang menyebabkan gula darah rendah atau hipoglikemia. Beberapa gejala gula darah rendah antara lain mudah lelah, kecemasan, gemetaran, dan mudah tersinggung.

Guna mengatasinya, penderita diabetes diharuskan untuk mengonsumsi menu sarapan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang seimbang sebagai contoh adalah kombinasi susu dan oatmeal atau setangkup roti gandum isi telur.

Demikianlah beberapa manfaat sarapan pagi sehat yang sebaiknya jangan dilewatkan. Semoga bermanfaat.

Claudia