blank
Ilustrasi telur asin yang kaya manfaat bagi si kecil. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Telur asin merupkan masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan. Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik, meski tidak menutup kemungkinan untuk telur-telur yang lain.

Telur asin jadi salah satu makanan tradisional yang menggunakan teknik fermentasi spontan, dengan garam sebagai media fermentasinya. Fermentasi spontan akan membuat keberagaman mikroorganisme, dan mikrobia yang berperan aktif kana tumbuh optimum.

Walaupun selera orang berbeda-beda, telur asin yang dinilai berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri bagian kuning telur berwarna jingga terang hingga kemerahan, “kering” (jika digigit tidak mengeluarkan cairan), tidak menimbulkan bau amis, dan rasa asin tidak menyengat.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah Pilih, 4 Ciri Telur Busuk yang Dapat di Hindari

Satu butir telur mengandung sekitar 6 gram protein, sejumlah vitamin (A, B, D, K), kolin, selenium, yodium, fosfor, besi, dan seng. b. Kolin pada telur diperlukan untuk kesehatan membran sel di seluruh tubuh dan membantu tubuh menjaga kadar homocysteine di tingkat normal.

Tak sedikit masyarakat yang berpikir bahwa telur bebek merupakan makanan yang baik sebagai pengganti ASI. Bukan tanpa alasan, telur bebek memang terbukti mengandung beragam nutrisi penting yang baik untuk kesehatan.

Lantas apa saja manfaat telur bebek untuk kesehatan bayi sebagai pengganti ASI? Dilansir dari klikdokter.com berikut adalah 5 manfaat telur bebek sebagai MPASI.

Baca Juga: Taukah Kamu? Ini 3 Pebedaan Antara Putih dan Kuning Telur

1. Memelihara kesehatan mata

Diketahui bahwa telur bebek mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui, vitamin A memiliki peranan yang cukup penting dalam menjaga kesehatan mata. Artinya, dengan rutin mengkonsumsi telur ini dalam porsi yang cukup, maka kesehatan mata bayi Anda akan lebih terjaga.

2. Mendukung pertumbuhan tulang

Menjadikan telur bebek sebagai MPASI juga bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan tulang anak Anda. Manfaat tersebut berasal dari tingginya kandungan vitamin D pada makanan ini. Dengan tercukupinya asupan vitamian D, maka tubuh bayi Anda akan lebih optimal dalam menyerap kalsium. Dengan demikian, tulang si kecil akan lebih kuat dan sehat.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berbagai macam jenis nutrisi yang terkandung dalam telur bebek berguna untuk mendukung sistem imunitas tubuh. Dengan demikian, memberikan telur bebek sebagai MPASI bermanfaat untuk melindungi si kecil dari berbagai jenis infeksi penyakit.

Baca Juga:Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Telur Angsa bagi Kesehatan

4. Memelihara kesehatan jantung, otak, dan saraf

Manfaat telur bebek sebagai MPASI yang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan organ-organ penting si kecil. Diketahui bahwa telur bebek mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi.

Seperti yang kita ketahui kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan anak karena merupakan nutrisi paling penting yang berperan untuk mendukung kesehatan jantung, otak, dan saraf si kecil.

5. Rendah kolesterol

Selain 4 poin di atas, telur bebek juga merupakan makanan dengan kandungan kolesterol yang cukup rendah. Dengan demikian, makanan ini lebih sehat untuk dikonsumsi sekaligus mencegah terjadinya kenaikan berat badan berlebih pada bayi Anda.

Baca Juga:Jangan Sampai Salah Pilih, 4 Ciri Telur Busuk yang Dapat di Hindari

Terlepas dari berbagai manfaatnya bagi kesehatan, Anda perlu tahu bahwa telur bebek merupakan jenis makanan alergen. Artinya, makanan ini dapat memicu terjadinya alergi bagi beberapa orang.

Dengan demikian, Anda perlu berhati-hati untuk menjadikan makanan ini sebagai MPASI. Ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Claudia