perbandingan besar telur angsa (kiri) dengan telur ayam (kanan). Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tidak sepopuler telur ayam, rupanya telur angsa juga tak kalah bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Meski pada umumnya orang-orang akan memilih telur ayam untuk konsumsi harian, telur angsa memiliki keunggulan yang juga tak kalah, lho dari telur ayam.

Telur angsa memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Bagaimana tidak? Selain mengandung berbagai vitamin, telur angsa juga mengandung banyak mineral, seperti kalsium, magnesium, fosfor dan zat besi.

Menurut United States Department of Agriculture, telur angsa aman untuk dikonsumsi, dan kebanyakan orang menyebut bahwa rasa telur ini lebih kuat dibanding telur ayam. Kandungan nutrisi dari satu telur angsa atau setara dengan 144 gram telur dan protein 19 gram.

Baca Juga: 15 Manfaat Telur Puyuh bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Tahu

Dilanisr dari Suara.com, telur angsa memiliki ukuran yang cenderung lebih besar dibanding telur ayam. Selain itu, telur angsa juga memiliki nutrisi yang penting bagi tubuh dan juga pastinya lebih mengenyangkan.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat telur angsa, yuk simak penjelasan berikut tentang manfaat telur angsa yang telah disadur dari klikdokter dan sehatQ.

1. Baik untuk kesehatan dan kesuburan organ reproduksi

Salah satu manfaat yang jarang diketahui oleh banyak orang ialah telur angsa bagus untuk kesehatan reproduksi dan juga kesuburan. Jadi bagi anda yang sedang merencanakan kehamilan, telur angsa dipercaya bisa merangsang dan mempercepat proses pembuahan.

Baca Juga: Ini Manfaat Telur dan Cara Menyimpannya, Simak!

Tingginya asam folat sangat baik untuk kesehatan dan kesuburan. Tak hanya untuk wanita saja, telur angsa juga bagus dalam meningkatkan produksi serta kualitas sperma pria.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Telur angsa kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Seperti magnesium, fosfor, zat besi dan juga kalsium. Dengan adanya kandungan tersebut, telur angsa mampu menjaga sistem imun tubuh sehinggat tak mudah untuk sakit, tidak mudah lelah, serta merasa berenergi kembali.

3. Baik untuk tulang dan gigi

Kandungan kalsium serta fosfor yang terdapat pada telur angsa cukup tinggi. Hal ini menjadikan kedua mineral tersebut sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Dengan mengonsumsi telur angsa, maka bisa terhindar dari osteoporosis dan cocok untuk anak yang ingin menambah tinggi badan dimasa pertumbuhan.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan Tubuh

4. Nutrisi yang baik saat kehamilan

Asam folat yang terdapat dalam telur angsa dapat membantu pertumbuhan janindan mencegah cacat otak serta tulang belakang bayi pada proses kehamilan. Selain itu, asam folat juga berperan untuk tumbuh kembang bayi yang masih dalam kandungan dan selama tiga tahun pertama kehidupan bayi tersebut.

5. Sumber vitamin B2

Telur angsa juga merupakan sumber vitamin B2 yang penting untuk tubuh. Hal ini bisa menjaga kesehatan mulut seperti mencegah bibir pecah serta sariawan, dan bisa meningkatkan sistem imun.

Vitamin B2 juga berperan penting dalam menyalurkan energi tubuh. Selain itu, vitamin ini juga berperan dalam kesehatan mata yakni mencegah penyakit katarak.

Demikianlah beberapa manfaat yang jarang diketahui dari telur angsa untuk kesehatan. Meski bermanfaat, sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan karena kandungan lemak dan kolesterol telur angsa terbilang cukup tinggi.

Claudia