blank
Telur asin. Foto: Dok/Doktersehat

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah kamu termasuk orang yang suka makan telur asin? Selain rasanya yang lezat, telur asin juga menyimpan beragam khasiat untuk kesehatan lho…

Telur asin adalah telur yang diawetkan dengan menggunakan garam sehingga mampu bertahan lama. Pada umumnya, telur yang diproses menjadi telur asin adalah telur bebek. Pasalnya, telur ini memiliki cangkang yang lebih baik dalam menyerap garam.

Selain itu, tekstur yang dimiliki oleh telur bebek lebih kenyal dan rasanya lebih gurih daripada telur ayam. Ukuran telur bebek pun lebih besar daripada telur ayam, sehingga kamu memiliki kepuasan yang lebih tinggi saat menyantapnya.

Dikutip dari doktersehat (dr. Aloisia Permata Sari Rusli), dalam hal kandungan gizi, telur bebek memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi, terutama kandungan protein. Selain itu, ada sejumlah kandungan gizi lain yang mendatangkan manfaat sehat bagi tubuh.

Sementara itu menurut World Population Food, telur asin mengandung sejumlah gizi antaralain, protein 9 gram, lemak 9.6 gram, vitamin A 472 IU, Vitamin B-12: 3.8 mcg. Zat besi: 2.7 mg. Selenium: 25.5 mcg. Kolesterol: 619 mg. Potasium: 165 mg. Selenium: 25.5 mcg. Karbohidrat: 1.08 gram, dan Sodium: 397 mg.

Apa manfaat telur asin untuk kesehatan?

Ada beberapa manfaat telur asin bagi tubuh. Penggunaan telur bebek dan serangkaian proses pembuatan telur asin berkontribusi terhadap manfaat telur asin yang hadir.  Berikut ini adalah beberapa manfaat telur asin bagi tubuh

1. Membantu regenerasi sel

Manfaat telur asin yang paling umum adalah meregenerasi sel-sel tubuh yang telah rusak. Kandungan protein di dalam telur asin mampu membantu mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak sehingga sel-sel tubuh yang sehat dan berguna bagi tubuh dapat diproduksi. Konsumsi telur asin dapat membantu regenerasi sel secara lebih optimal sekaligus mempercepat metabolisme tubuh.

2. Meningkatkan massa otot

Telur asin memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan otot. Khasiat ini hadir berkat kandungan protein yang tinggi pada telur asin. Perlu kamu ketahui, protein mampu membangun dan membentuk massa otot sehingga menjadi lebih padat dan kuat.

Itulah yang menjadi alasan para atlet atau orang-orang yang memiliki aktivitas fisik tinggi perlu mengonsumsi telur, terutama bagian putihnya saja karena bagian ini lebih kaya akan kandungan protein. Jadi, apabila kamu termasuk orang yang aktif secara fisik, konsumsi telur asin bisa membantu meningkatkan massa otot sehingga tidak mudah lelah.

3. Menjaga kesehatan tulang

Protein di dalam telur asin merupakan protein hewani. Jenis protein ini baik untuk menjaga kesehatan tulang. Inilah yang menjadi alasan konsumsi telur asin akan membantu menjaga massa tulang. Manfaat telur asin juga bisa untuk mencegah osteoporosis. Hal ini merupakan hal yang penting, terutama bagi wanita yang telah menopause. Asupan telur asin bisa menjaga tulang kamu tetap sehat walaupun telah masuk masa menopause.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan protein pada telur memberikan energi yang cukup pada sel-sel tubuh untuk mencerna, mendistribusikan, dan memanfaatkan zat-zat gizi dari makanan dan minuman. Hal ini membuat tubuh mendapatkan manfaat makanan yang baik untuk tumbuh kembang.

5. Menurunkan kadar lipid darah

Kadar lipid darah seperti halnya kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi adalah sesuatu tidak baik bagi kesehatan tubuh. Ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi masalah medis lainnya, seperti penyakit degeneratif. Kandungan yang pada pada telur asin bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida di dalam darah.

6. Mengatasi masalah anemia

Manfaat telur asin juga bisa mengobati dan mencegah masalah anemia. Kandungan zat besi yang ada di dalam telur asin bisa membantu tubuh untuk mengatasi anemia defisiensi besi. Gejala-gejala anemia yang dapat diamati, antara lain pusing, mual dan kelelahan.

Ning Suparningsih