blank
Bangunan induk objek wisata Dusun Semilir, Bawen, Kabupaten Semarang, Jateng, memiliki bentuk unik beraristektur mirip stupa Candi Borobudur.(Dok. Instagram Dusun Semilir)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Di Objek Wisata Dusun Semilir, dijual aneka produk barang dan makanan dari USA. Tapi bukan produk cendera mata, handycraft dan kuliner yang diimpor dari United States of America. Sebab yang dimaksud USA di Dusun Semilir, adalah produk dari Ungaran, Salatiga dan Ambarawa.

Pemahaman USA bukan United States of America, diberikan oleh pengemudi Golfcar yang mengantar berkeliling area Wisata Dusun Semilir. Pengemudi usia muda ini, berperan serta layaknya pemandu wisata (guide) dengan mengenalkan aneka wahana dan fasilitas yang ada di Dusun Semilir. Juga bersedia untuk berhenti di sejumlah lokasi, guna membantu memotretkan dengan latar belakang aneka wahana yang dipilih.

Objek Wisata Dusun Semilir berada di tepi ruas jalan Soekarno-Hata (ruas uatama Semarang-Bawen) Nomor: 49 Ngemple, Bawen, Semarang, Jateng. Lokasinya mudah dijangkau dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

Sebagai lokasi pelancongan, Dusun Semilir hadir dalam konsep wisata untuk segala umur atau tepatnya menjadi destinasi rekreasi keluarga. Cocok untuk anak, remaja, pemuda, dewasa, orang tua. Memiliki beragam wahana permainan, seperti arena sport jalan sehat, wisata air, berswafoto (selfie), belanja aneka cenderamata, wisata kuliner, seni budaya.

Diluncurkan sejak Tahun 2020, Wisata Dusun Semilir memiliki bangunan induk dengan arsitektur unik mirip stupa Candi Borobudur. Jumlahnya tujuh buah, yang menjulang ke atas dan terlihat dari kejauhan.

Prosotan

Dari ketinggian Dusun Semilir, dapat melihat pemandangan daerah Ungaran maupun Gunung Telomoyo. Di tempat rekreasi ini, dibangun fasilitas prosotan (plorotan) Pelangi Raksasa, untuk meluncur dari ketinggian 140 Meter dengan panjang luncuran 120 Meter.

blank
Di ruang pertokoan yang terletak di bagian depan Objek Wisata Dusun Semilir, Bawen, Semarang, Jateng, dijajakan aneka komoditas cenderamata berupa kaos, busana dan beragam handycrfat.SB/Bambang Pur)

Tapi ada pembatasan bagi pelancong yang sudah remaja dan dewasa serta bobot badannya maksimal 80 Kg. Di halaman depan, digelar live musik kesenian Angklung yang menyajikan aneka instrumen lagu dan beragam tembang nyanyian.

”Maaf, pengunjung tidak diperbolehkan membawa masuk minuman dan makanan,” ujar petugas yang berjaga di depan. Sebab, di dalam banyak dijajakan aneka minuman dan makanan, juga buah-buahan di stand-stand kuliner, termasuk aneka macam kuliner jenis milenial.

Di dalam juga disediakan aneka ragam permainan, seperti menembak, memanah dan main ketapel. Tersedia pula fasilitas angkutan kereta, boom-boom car, playground, motor ATV, jeep dan sepeda listrik. Juga ada kebon binatang (Bonbin) mini, llorong yang di kiri kanannya ditumbuhi rumpun bambu rimbun. Bagi pelancong yang ingin menginap, tersedia bangunan vila berarsitektur unik.

Bambang Pur