blank
Ilustrasi sholat. Foto: Dok/Unsplash

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kapan waktu sholat Dzuhur di hari Jumat bagi wanita muslim? Apakah harus menunggu selesainya sholat Jumat, atau bisa langsung melakukan sholat saat masuk waktu dhuhur?

Sholat Jumat merupakan kewajiban bagi pria muslim sebagai pengganti dari sholat Dzuhur yang dikerjakan setiap Jumat. Ada pandangan yang beragam mengenai ini.

Beberapa wanita berpandangan bahwa mereka harus menunggu sholat Jumat usai sebelum mereka melakukan sholat Dzuhur. Bahkan, ada juga pendapat dari sebagian ulama yang menyatakan bahwa sholat Dzuhur yang dilakukan sebelum berakhirnya sholat Jumat tidak dianggap sah.

Tetapi, ada pula ulama lain yang berpendapat bahwa wanita tidak perlu menunggu sholat Jumat berakhir untuk melakukan sholat Dzuhur pada hari Jumat.

Dengan kata lain, mereka dapat segera mengambil wudhu dan melaksanakan sholat Dzuhur begitu masuk waktu dzuhur.

Sangat penting untuk diingat bahwa kehadiran wanita dalam sholat Jumat di masjid tidak diharuskan. Oleh karena itu, mereka dapat melaksanakan ibadah sholat Dzuhur empat rakaat di rumah mereka.

Kapan sebenarnya waktu sholat Dzuhur bagi wanita di hari Jumat?

Melansir dari Suara.com (Buya Yahya dikutip dari saluran YouTube Al Bahjah TV), begini penjelasannya.

Buya Yahya menjelaskan kapan waktu sholat Dzuhur bagi wanita di hari Jumat melalui video yang diposting pada tanggal 19 Mei 2019 di saluran YouTube Al Bahjah TV. Dalam video tersebut, seorang jemaah wanita bertanya kapan sebaiknya mereka melaksanakan sholat Dzuhur pada hari Jumat.

Seorang jemaah wanita bertanya kepada Buya Yahya, “Apakah kami harus menunggu hingga sholat Jumat selesai, atau kami bisa langsung melaksanakan sholat sunnah dan sholat Dzuhur setelah masuk waktu sholat?”

Buya Yahya menjelaskan bahwa ada dua kelompok orang yang tidak diharuskan melaksanakan sholat Jumat, yaitu mereka yang memiliki alasan permanen dan mereka yang memiliki alasan yang bisa berubah.

Wanita termasuk dalam kelompok pertama, karena status mereka sebagai wanita adalah permanen dan tidak akan berubah menjadi laki-laki

Sebaliknya, mereka yang sakit berada dalam kelompok kedua. Mereka mungkin dapat sembuh dari sakitnya, dan oleh karena itu, mereka harus menunggu hingga sholat Jumat berakhir sebelum mereka dapat melaksanakan sholat Dzuhur.

Tetapi bagi wanita, mereka dapat langsung melaksanakan sholat Dzuhur segera setelah waktu sholat masuk.

Buya Yahya juga menambahkan, bagi mereka yang memiliki alasan atau sakit, menunda sholat Dzuhur tidak dianggap sebagai sunnah, tetapi lebih tepat dianggap sebagai waktu awal.

Jadi, berdasarkan penjelasan Buya Yahya, waktu sholat Dzuhur bagi wanita di hari Jumat adalah seiring dengan masuknya waktu sholat Dzuhur dan mereka tidak perlu menunggu hingga sholat Jumat selesai.

Itulah penjelasan dari Buya Yahya mengenai kapan waktu sholat dzuhur wanita ketika hari Jumat.

Ning S