blank
Ilustrasi telur yang diletakkan telur di dalam air. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki rasa yang lezat, mudah dicerna, dan bergizi tinggi. Beberapa hewan dapat menghasilkan telur, tetapi hanya jenis telur tertentu yang biasa diperdagangkan dan dikonsumsi manusia yaitu telur ayam, telur bebek, telur puyuh dan telur ikan.

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki rasa yang lezat, mudah dicerna, dan bergizi tinggi. Selain rasanya enak, telur juga sangat praktis dan bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan. Jika sedang malas memasak, menggoreng telur ceplok bisa menjadi solusi termudah.

Namun, kamu harus memastikan bahwa telur masih layak dikonsumsi sebelum memasaknya. Telur yang busuk sangat berbahaya bagi pencernaan bahkan bisa menyebabkan keracunan karena mengandung bakteri Salmonella.

Baca Juga:Taukah Kamu? Ini 3 Pebedaan Antara Putih dan Kuning Telur

Melansir dari laman Hello Sehat, berikut ini adalah cara mengenali ciri-ciri telur yang busuk.

1. Letakkan telur di dalam air

Cara ini termasuk yang cukup mudah dan umum dilakukan untuk mengecek kondisi telur. Jika telurnya tenggelam, maka telur tersebut masih layak konsumsi. Telur yang sudah rusak atau busuk biasanya dapat mengapung di atas air karena pori-pori cangkangnya membesar.

Meskipun cara tersebut tidak selalu menunjukkan bahwa telur tersebut benar-benar busuk, tetapi pori-pori kulit telur yang membesar dapat meningkatkan risiko paparan bakteri Salmonella yang berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: Dapat Mengurangi Ketombe Pada Rambut, Ini 5 Manfaat Kuning Telur

2. Cek kondisi cangkang telur

Sebelum membeli atau menggunakan telur mentah, pastikan cangkangnya tidak retak, berlendir, atau berbubuk. Kondisi tersebut dapat menandakan kualitas telur yang kurang bagus.

Retakan dan lendir dapat meningkatkan paparan bakteri, sedangkan bubuk putih pada cangkang telur mengindikasikan adanya jamur yang berkembang biak.

3. Perhatikan aromanya

Cara yang paling efektif untuk mengetahui sebuah telur layak dikonsumsi atau tidak adalah dengan memecahkannya atau membuka cangkangnya.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Telur Angsa bagi Kesehatan

Kamu bisa mencium aromanya. Telur yang busuk akan mengeluarkan bau yang tidak sedap atau tidak biasa saat cangkangnya dibuka. Jika baunya masih normal dan tidak menyengat, maka telur masih aman untuk dikonsumsi.

4. Amati kondisi kuning dan putih telur

Telur yang tidak layak konsumsi bisa ditandai dari bagian kuningnya yang berbau, teksturnya encer, dan mudah bercampur dengan bagian putih telurnya. Selain itu, jika ada perubahan warna pada kuningnya seperti merah muda atau warna lain, maka bisa menjadi pertanda tumbuhnya bakteri.

Telur yang segar akan memiliki kuning telur yang mengambang, berukuran kecil, dan berada di tengah putih telur.

Itulah 4 cara mengenali ciri-ciri telur yang busuk. Jika hendak membeli telur, sebaiknya carilah penjual yang menyediakan telur baru setiap hari. Selain itu, sebaiknya sesuaikan stok telur di rumah dengan kebutuhan pemakaian sehari-hari agar telur tidak terlalu lama disimpan.

Claudia