blank
Ilustrasi kuning telur. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kuning telur merupakan salah satu bagian dari telur yang merupakan makanan dari embrio. Kuning telur terapung di putih telur oleh satu atau dua tali kuning telur atau kalaza. Sebelum dibuahi, kuning telur dan cakram nutfah merupakan sel tunggal; salah satu dari sel tunggal yang dapat dilihat mata telanjang.

Kuning telur dalam jumlah yang tepat, membantu tubuh mendapatkan asupan vitamin D untuk mencegah kerusakan gigi, menjaga kekuatan tulang dan mencegah gangguan tulang seperti osteoporosis atau osteoarthritis.

Tidak hanya enak untuk dikonsumsi saja, kuning telur juga bisa bermanfaat dalam merawat kesehatan rambut. Salah satu manfaat kuning telur bagi kesehatan rambut adalah bisa merawat rambut yang rusak.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Telur Angsa bagi Kesehatan

Kenapa kuning telur bisa bermanfaat bagi rambut, hal ini karena di dalamnya terdapat banyak kandungan nutrisi seperti protein, lemak, kolesterol, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, natrium, dan zinc.

Kemudian kandungan penting lainnya yang ada di dalam kuning telur adalah vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B6, vitamin B9 (folat), vitamin B12, vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan juga vitamin K. Selain itu, kuning telur yang berasal dari unggas seperti bebek, burung puyuh dan ayam kampung ini mengandung lebih banyak nutrisi penting jika dibandingkan dengan telur ayam negeri. Seperti dirangkum dari Hellosehat, berikut ini adalah beberapa manfaat kuning telur untuk rambut.

1. Bisa membantu merawat rambut rusak

Adanya kandungan vitamin A, vitamin E, biotin, folat, dan zat besi menjadi obat ampuh dalam membantu mengatasi rambut yang rusak. Hal ini karena dalam penelitian menyebutkan kalau bahan-bahan nutrisi penting tersebut bisa membuat rambut menjadi lebih sehat.

Baca Juga: 15 Manfaat Telur Puyuh bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Tahu

2. Membuat akar rambut kuat

Kamu bisa mengoleskan kuning telur ke bagian kulit kepala dan ini artinya semua vitamin dan mineral masuk ke dalam akar rambut. Dengan demikian, rambut baru akan tumbuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah rusak, lalu bisa tumbuh lebat alami.

3. Membuat rambut lembut

Di dalam kuning telur mengandung lesitin yakni dapat membantu dalam melembapkan dan juga menguatkan rambut. Zat lesitin ini fungsinya adalah sebagai emolien yang membuat rambut menjadi halus dan kelembapannya pun menjadi terjaga, sehingga rambut lebih lembut, mudah diatur dan lebih berkilau.

4. Bisa mengurangi ketombe pada rambut

Apabila kamu mempunyai masalah rambut yang berketombe, bisa diatasi dengan menggunakan kuning telur sebagai masker rambut. Manfaat ini bisa didapat karena adanya kandungan sulfur yang tinggi pada kuning telur dan membantu dalam mengurangi gejala ketombe seperti gatal dan juga ketombe itu sendiri.

Demikianlah ulasan beberapa manfaat kuning telur untuk kesehatan rambut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Claudia