blank
Tanaman tomat cherry jadi salah satu tanaman yang cepat panen. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Menanam tanaman buah di kebun rumah dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Namun, bagi sebagian orang menunggu tanaman buah berbuah bisa menjadi tantangan tersendiri.

Pohon yang memproduksi oksigen akan bermanfaat bagi kehidupan bagi semua mahkluk hidup di bumi. Jadi jika kita menanam pohon dan pohonnya memproduksi oksigen, yang lewat menghirup udara oksigen dari tanaman yang kita tanam itu amal jariyah, menghidupi jutaan orang.

Manfaat menanam pohon juga penting untuk menjaga kelestarian hidup hewan dan tumbuhan. Berkat pohon, ketersediaan sumber makanan bagi hewan dapat terus berlangsung dengan baik. Mulai dari buah-buahan segar hingga berbagai sayuran yang juga bisa dikonsumsi oleh manusia, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin.

Baca Juga:Tips Merawat Tanaman Dolar di Halaman Rumah, sebagai Simbol Keberuntungan

Untungnya, ada beberapa tanaman buah yang memiliki masa panen yang relatif singkat, sehingga kamu dapat menikmati hasilnya dalam waktu yang lebih cepat. Dilansir dari Suara.com berikut ini adalah 7 tanaman buah yang diketahui cepat panen.

1. Tomat cherry

Tomat cherry adalah varietas tomat kecil yang memiliki masa panen yang relatif singkat, sekitar 60-80 hari setelah tanam. Tanaman tomat cherry dapat tumbuh dengan baik di pot atau wadah kecil, sehingga cocok untuk ditanam di halaman belakang atau teras rumah.

Selain itu, tomat cherry juga memiliki rasa yang manis dan segar, sehingga cocok untuk dinikmati langsung atau digunakan dalam berbagai hidangan.

Baca Juga: Taukah Kamu? Ini 4 Manfaat Tanamanan Licorice Bagi Kesehatan Tubuh

2. Stroberi

Stroberi adalah buah yang bisa tumbuh dengan cepat. Beberapa varietas stroberi dapat menghasilkan buah dalam waktu sekitar 4-6 minggu setelah penanaman.

Kamu dapat menanam stroberi di pot atau bedengan dengan media tanam yang subur. Selain rasanya yang lezat, stroberi juga kaya akan vitamin C dan antioksidan, lho!

3. Semangka

Semangka adalah buah segar yang sangat disukai oleh banyak orang, terutama di musim panas. Beberapa varietas semangka, seperti varietas mini, dapat matang dalam waktu sekitar 60-80 hari setelah penanaman.

Baca Juga:Cocok Jadi Hiasan Rumah, Ini 5 Rekomendasi Tanaman Kaktus yang Mudah di Rawat

Jika kamu tertarik untuk menanam tanaman buah ini, pastikan kamu telah memberikan cukup ruang untuk tanaman semangka karena mereka membutuhkan tempat yang luas untuk tumbuh.

4. Paprika

Paprika adalah tanaman buah yang tumbuh dengan cepat dan memiliki berbagai warna yang menarik. Beberapa varietas paprika dapat dipanen dalam waktu sekitar 60-90 hari setelah penanaman. Paprika juga bisa ditanam di pot atau wadah kecil, sehingga cocok untuk ditanam di balkon atau teras rumah.

5. Jeruk keprok

Jeruk keprok adalah salah satu tanaman buah yang cepat berbuah. Beberapa varietas jeruk keprok dapat menghasilkan buah dalam waktu sekitar 1-2 tahun setelah penanaman. Jeruk keprok juga bisa ditanam di pot atau wadah kecil, asalkan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Baca Juga: 5 Tanaman Cantik yang Dipercaya Membawa Keberuntungan di Tahun Kelinci Air

6. Pisang

Pisang adalah tanaman buah tropis yang mudah tumbuh dan cepat berbuah. Beberapa varietas pisang dapat menghasilkan buah dalam waktu sekitar 9-12 bulan setelah penanaman. Pisang biasanya tumbuh dengan baik di daerah beriklim hangat.

7. Pepaya

Pepaya merupakan tanaman buah yang tumbuh dengan cepat dan dapat berbuah dalam waktu sekitar 6-9 bulan setelah penanaman dimulai. Nantinya kamu dapat memilih varietas pepaya yang memiliki waktu panen lebih cepat, seperti pepaya California atau pepaya Red Lady.

Itulah beberapa tanaman buah yang cepat panen yang bisa kamu tanam di rumah. Selamat menanam dan menikmati hasil panen yang melimpah!

Claudia