blank
Ilustrasi tanaman Licorice yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Licorice atau yang sering disebut juga sebagai akar manis. Tanaman herbal ini sudah lama digunakan sebagai obat-obatan herbal. Memiliki kandungan gizi berupa protein, karbohidrat, gula, vitamin A dan senyawa antioksidan seperti flavanoid dan glycyrrhizin menjadikan Licorice memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Licorice atau sering disebut juga akar manis adalah tanaman herbal yang banyak tumbuh di wilayah Asia, termasuk Indonesia. Tanaman dengan nama latin Glycyrrhiza glabra ini sering diolah menjadi teh herbal, permen herbal, dan suplemen

Salah satu fungsi licorice adalah membantu mengatasi asam lambung. Manfaat lainnya, yakni melancarkan saluran pernapasan dan meningkatkan kesehatan kulit. Akar manis atau licorice adalah tanaman yang sering digunakan sebagai pemanis rasa.

Baca Juga: Cocok Jadi Hiasan Rumah, Ini 5 Rekomendasi Tanaman Kaktus yang Mudah di Rawat

Lantas apa saja manfaat licorice bagi kesehatan? Dilansir dari alodokter.com berikut adalah 4 manfaat licorice bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga kesehatan kulit

Licorice dipercaya mempunyai khasiat untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit. Tanaman herbal ini mengandung senyawa antiradang dan antioksidan yang diyakini dapat mencegah dermatitis atopik. Senyawa tersebut juga dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit, yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

Tak hanya sebatas itu, antioksidan yang terdapat pada licorice juga dipercaya memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan pada kulit wajah.

Baca Juga: 5 Tanaman Cantik yang Dipercaya Membawa Keberuntungan di Tahun Kelinci Air

2. Membantu meringankan gejala GERD

Ekstrak licorice memiliki khasiat untuk meringankan beberapa gejala dari penyakit GERD. Beberapa gejala tersebut diantaranya adalah sensasi seperti terbakar di dada dan rasa nyeri pada perut.

Tak hanya sebatas itu, licorice juga dipercaya mampu menghambat penyebaran bakteri H.pylori yang menjadi salah satu penyebab terjadinya tukak lambung. Manfaat yang satu ini berasal dari adanya kandungan antioksidan yang terdapat pada licorice.

3. Melancarkan sistem pernapasan

Disebutkan sebelumnya bahwa licorice atau akar manis sering diolah menjadi teh herbal. Nah, mengkonsumsi teh herbal tersebut dapat membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Bukan hanya itu saja, tanaman herbal ini juga bermanfaat untuk meringankan gejala asma, seperti sesak napas.

Baca Juga: Ada Kaktus Hingga Begonia, Ini 4 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Ditanam di Dalam Rumah

Namun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini untuk mengetahui seberapa efektif licorice dalam membantu melancarkan sistem pernapasan.

4. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Manfaat selanjutnya dari tanaman herbal licorice adalah khasiatnya dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. manfaat ini diperoleh berkat adanya kandungan senyawa antikanker pada licorice.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih mendalam tentang manfaat akar manis yang satu ini. Hal tersebut dikarenakan penelitian yang ada saat ini masih sangat terbatas.

Nah, itulah 4 manfaat licorice bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Claudia