blank
Ilustrasi sayuran hijau. (makanan yang bisa menjaga tekanan darah). Foto: Dok/cookpad.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Meskipun darah tinggi  (hipertensi) bukan penyakit menular, namun angka penyakit ini terbilang mengkhawatirkan.

Menurut data Kementerian Kesehatan (2016), setidaknya ada 63 juta kasus darah tinggi yang menimbulkan kematian sebanyak 427 ribu. Lantas adakah cara menurunkan tekanan darah yang efektif?

Mengutip dari Halodoc.com, cara menjaga agar tekanan darah tetap stabil yakni dengan rutin berolahraga, istirahat yang cukup, hindari faktor risiko (seperti merokok dan alkohol), dan konsumsi makanan bergizi seimbang.

Makanan seperti apa yang bisa menurunkan tekanan darah?

1. Mentimun
Mau tahu faktor penyebab tekanan darah tinggi? Tekanan darah tinggi bisa terjadi bila terlalu banyaknya asupan garam (natrium) dan terlalu sedikit kalium dalam makanan kita. Hati-hati, kadar garam yang berlebihan bisa mengikat banyak air. Kondisi inilah yang bisa membuat volume darah meningkat.

Apa hubungannya dengan mentimun? Di dalam mentimun banyak terkandung kalium. Kalium ini merupakan elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium (kandungan dalam garam) yang ditahan oleh ginjal. Dengan kata lain, kalium bertanggung jawab atas terkontrolnya tekanan darah seseorang.

Tak hanya itu saja, mentimun juga kaya vitamin C, kalium, dan antioksidan, seperti karotenoid dan tokoferol. Nutrisi-nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk mengontrol atau menurunkan tekanan darah.

2. Buah Berry
Buah Berry, terutama blueberry kaya akan senyawa alami yang disebut flavonoid. Menurut sebuah studi bahwa mengkonsumsi senyawa ini dapat mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah. Blueberry, raspberry, dan stroberi mudah ditambahkan ke dalam menu harian atau diet.

Misalnya, mengkombinasikannya dengan sereal atau granola untuk sarapan. Buah-buahan ini juga bisa disantap dalam keadaan dingin sebagai hidangan penutup yang menyehatkan.

3. Pisang
Selain buah beri, pisang merupakan salah satu makanan yang baik untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Bahkan, menurut beberapa penelitian pisang bisa mengatur denyut jantung, tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung.

4. Sayuran hijau
Selain mentimun, sayuran hijau merupakan makanan untuk menurunkan tekanan darah yang bisa kamu coba. Sayuran hijau kaya kalium yang bisa membantu ginjal untuk menyingkirkan natrium melalui urine. Nah, hal inilah yang pada akhirnya bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Sayuran hijau apa yang banyak mengandung kalium? Sebut saja, bayam, lobak hijau, kubis, selada romaine, hingga bit hijau. Sebaiknya hindari sayuran kemasan, sebab makanan seperti itu sering ditambahkan natrium.

5. Susu skim dan yoghurt
Susu skim merupakan sumber kalsium yang sangat baik dan rendah lemak. Keduanya merupakan elemen penting dari diet untuk menurunkan tekanan darah. Andaikan tak menyukai susu, kamu bisa menggantinya dengan yogurt.

Menurut American Heart Association, wanita yang mengkonsumsi lima porsi atau lebih yoghurt dalam seminggu, mengalami pengurangan 20 persen risiko terkena tekanan darah tinggi.

6. Buah Bit
Selain empat makanan di atas, buah bit merupakan makanan yang juga bisa menurunkan tekanan darah. Buah ini mengandung nitric oxide, yang dapat membantu membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Menurut para ahli, nitrat dalam jus bit bisa menurunkan tekanan darah seseorang hanya dalam 24 jam.

Dari mual sampai tremor

Pakar-pakar di WHO menyebut darah tinggi sebagai “silent killer”. Seperti apakah gejala hipertensi yang umumnya dialami pengidapnya?

Dalam kebanyakan kasus, pengidap hipertensi akan mengalami sakit kepala, terutama di pagi hari. Namun, gejala hipertensi tak cuma itu saja. Menurut ahli di WHO dan National Institutes of Health-MedlinePlus, gejala hipertensi diantaranya, mual dan muntah, kebingungan, pandangan menjadi kabur (masalah penglihatan), mimisan, nyeri dada, telinga berdengung, kelelahan, irama jantung yang tidak teratur, kecemasan dan tremor otot.

Jika ingin tahu lebih jauh mengenai masalah di atas, atau memiliki keluhan kesehatan lainnya, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan dokter.

Ning S