blank
Bupari Kebumen Arif Sugiyanto bersama mantan Bupati Buyar Winarso dan anggota DPR RI Darori Wonodipuro pada silaturahmi warga Kebumen di perantauan, Minggu 21/5.(Foto:SB/Kominfo Kebumen)

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Sejumlah tokoh asal Kebumen bersama ikatan warga asal Kabupaten Kebumen (IWAKK) Walet Emas menggelar silaturahmi dan halal bi halal di pelataran Museum Purna Bakti Pertiwi TMII, Jakarta Timur pada Minggu (21/5)

Yang menarik, selain dihadiri langsung oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, juga ada sejumlah tokoh yang sukses, politisi dan mantan bupati. Bahkan mantan Kapolri Jenderal (Purn) Surojo Bimantoro juga hadir. Termasuk pula anggota DPR RI dari Partai Gerindra Darori Wonodipuro, serta mantan Bupati Kebumen H Buyar Winarso SE dan Irjen (Purn) Pujianto.

Kegiatan tersebut diikuti ribuan para perantau asal Kebumen yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Karawang, Cikarang, Tanggerang, Depok, Serang, Banten, sampai Lampung. Acara cukup menarik dengan hiburan kesenian tari Cepetan dari Karanggayam, kuliner dan produk UMKM Kebumen.

Hadir pula Mayjen TNI (Purn) Ibnu Darmawan selaku Ketua IWAKK Lawet Emas serta Prof Dr KH Nasaruddin Umar MA, Imam Besar Masjid Istiqlal, dan Prof Dr Marsudi Wahyu Kisworo Anggota Dewan Pengarah BRIN.

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto berjabat tangan dengan Prof Dr KH Nasaruddin Umar, MA, Imam Besar Masjid Istiqlal, Minggu 21/5.(Foto:SB/Kominfo Kebumen)

Pada kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan rasa bangga bisa berkumpul bersama ribuan warga Kebumen yang merantau di berbagai kota. Pertemuan ini disebut menjadi bukti bahwa persatuan dan kesatuan warga Kebumen sangat kuat.

“Pertemuan siang ini menjadi bukti bahwa ikatan batin kita sebagai warga Kebumen sangat kuat. Ini adalah potensi yang bisa dijadikan dasar bagi kita untuk selalu berpikir dan bertindak memberikan yang terbaik untuk tanah kelahiran kita Kebumen tercinta,”ujar Arif Sugiyanto.

Beri Hadiah Sepeda Motor

Bupati juga menyampaikan rasa bangga, bahwa Kebumen banyak melahirkan tokoh-tokoh yang hebat, yang saat ini menempati jabatan tinggi di tingkat nasional. Banyak di antaranya ada jenderal TNI, jenderal Polisi, ada juga yang berkarier di birokrasi sebagai Sekjen kementerian, Sekda DKI, anggota DPR, dan banyak juga yang jadi pengusaha sukses.

“Di tempat inilah kemudian kita bertemu, merajut silaturahmi. Saya harap para warga kita yang merantau di kota, suatu saat bisa pulang ke Kabupaten Kebumen dengan membawa kemaslahatan untuk masyarakatnya,”tuturnya.

Bupati menyampaikan, pihaknya terus bekerja membangun Kebumen lebih baik agar Kota Beriman ini bisa bebas dari sebutan kabupaten termiskin di Jateng. Beberapa program telah diarahkan untuk menggerakan perekonomian masyarakat, seperti Kebumen International Expo yang bakal kembali digelar pada 17-24 Juni 2023.

Pemkab juga tengah berusaha keras menjadikan Geopark Kebumen masuk dalam UNESCO Global Geopark yang bisa menarik lebih banyak lagi investasi masuk ke Kebumen. Yang terdekat pendirian pabrik sarung tangan oleh investor asal Korea di wilayah Purbowangi, Buayan, atau di bekas pasar hewan.

Silaturahmi bersama Iwakk Lawet Emas ditutup dengan pembagian doorprize. Tak ketinggalan, Bupati memberikan hadiah satu unit motor untuk diundi. Mereka yang beruntung diminta untuk mengambil sepeda motornya di Pendopo Kabumian.

“Silakan nanti siapa yang beruntung, ambil hadiahnya di Pendopo Kabumian,”ucap Arif Sugiyanto disambut tepuk tangan meriah warga perantauan.

Komper Wardopo