blank
Ilustrasi teh. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Teh hijau merupakan teh hijau yang berasal dari daun tumbuhan Camellia sinensis. Minuman ini digunakan dalam pengobatan Jepang dan Cina selama berabad-abad lamanya.

Proses pengolahan teh hijau lebih singkat dibandingkan jenis teh lainnya, seperti matcha maupun teh hitam, sehingga kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya masih terjaga.

Teh hijau dengan campuran lemon menjadi minuman menyehatkan yang dapat dinikmati kapan saja sepanjang hari. Penuh rasa, enak, mudah disiapkan, dan tentu saja sangat bergizi.

Baca Juga: Ini 3 Cara Mengonsumsi Teh Hijau dengan Benar

Berikut ini adalah 10 manfaat kesehatan dari meminum teh hijau dengan lemon sebagaimana dihimpundari Healthline:

1. Kaya Akan Antioksidan

Teh hijau dan lemon tinggi antioksidan, senyawa yang membantu melindungi terhadap peradangan dan kerusakan sel akibat oksidasi.

Teh hijau khususnya kaya akan antioksidan seperti epigallocatechin gallate (EGCG), quercetin, asam klorogenat, dan theogallin. Sementara lemon adalah sumber antioksidan asam askorbat, hesperidin, naringin, dan asam ferulat yang baik.

Penelitian menunjukkan, antioksidan memainkan peran kunci dalam kesehatan dan dapat melindungi terhadap kondisi kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker, dan obesitas.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Manfaat Teh Yuzu yang Kaya akan Vitamin C

2. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Teh hijau dengan lemon bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan yang sehat. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat mendukung penurunan berat badan dan meningkatkan pembakaran lemak.

Menurut satu ulasan dari 15 penelitian, minum teh hijau dengan jumlah EGCG yang lebih tinggi selama setidaknya 12 minggu dikaitkan dengan penurunan berat badan dan lemak tubuh.

Satu studi pada 115 wanita juga menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak teh hijau selama 12 minggu menyebabkan penurunan berat badan, indeks massa tubuh, dan lemak perut yang signifikan.

Meskipun para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian pada manusia, beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemon juga dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Baca Juga: Dapat Mencegah Obesitas, 4 Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan