blank
Ilustrasi teh. Foto: Pixabay

Misalnya, satu ulasan dari delapan penelitian menemukan bahwa minum teh hijau dapat menurunkan risiko demensia dan gangguan kognitif. Studi lain menemukan bahwa sering mengonsumsi teh hijau dapat meningkatkan metabolisme protein tertentu yang efektif untuk melawan Alzheimer.

Beberapa penelitian tabung dan hewan juga menemukan bahwa senyawa tertentu dalam buah jeruk, termasuk lemon dapat mengurangi peradangan dan mencegah penumpukan plak di otak yang dapat berkontribusi terhadap penyakit Alzheimer.

6. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Lemon adalah sumber vitamin C yang sangat baik, dengan mikronutrien yang larut dalam air dengan sifat antioksidan kuat. Vitamin C memainkan peran sentral dalam sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi sel-sel imunitas.

Baca Juga: Ini 4 Bahaya Meminum Es Teh Manis Secara Berlebihan

Meningkatkan asupan vitamin C Anda juga dapat membantu mengobati dan mencegah berbagai jenis infeksi pernapasan. Terlebih lagi, beberapa penelitian pada hewan telah menemukan bahwa senyawa tertentu dalam teh hijau, seperti EGCG, bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan melindungi dari gangguan autoimun, termasuk multiple sclerosis.

Teh hijau dan lemon juga kaya akan antioksidan , yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

7. Dapat Meningkatkan Energi

Teh hijau adalah sumber alami kafein, yang merupakan stimulan sistem saraf pusat yang sering digunakan orang untuk meningkatkan energi mereka. Studi menunjukkan bahwa selain melawan kelelahan, kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan fungsi kognitif tubuh.

Baca Juga: Tak Cuma Nikmat, Teh Daun Alpukat Juga Banyak Manfaat

Karena teh hijau dengan lemon mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi atau minuman berenergi, teh hijau dapat menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang sensitif terhadap efek kafein dosis tinggi.

8. Dapat Membantu Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal adalah endapan mineral keras yang dapat terbentuk di ginjal dan menyebabkan gejala seperti nyeri, mual, dan sering buang air kecil.

Minum teh hijau dengan lemon adalah cara yang bagus untuk membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Faktanya, satu penelitian besar menemukan bahwa minum teh hijau dapat membuat risiko terkena batu ginjal lebih rendah, terutama di kalangan pria.

Baca Juga: Ini 3 Cara Mengonsumsi Teh Hijau dengan Benar