blank
Ilustrasi teh. Foto: Pixabay

Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa ketika tikus diobati dengan flavonoid jeruk lemon, ukuran sel lemaknya berkurang. Flavonoid jeruk juga meningkatkan metabolisme pada tikus yang diberi diet tinggi lemak.

Studi hewan lain dari tahun 2008 menemukan bahwa memberi makan polifenol lemon kepada tikus dengan diet tinggi lemak membantu mencegah mereka menambah berat badan dan mengumpulkan lemak.

3. Mencegah Diabetes

Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah dan melindungi terhadap diabetes tipe 2. Menurut salah satu ulasan hasil penelitian, penderita diabetes tipe 2 yang rutin minum teh hijau risiko terkena komplikasi bisa rendah.

Baca Juga: Mana yang Lebih Sehat Antara Kopi dengan Teh? Yuk Simak Selengkapnya…

Minum teh secara teratur juga dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin secara efisien. Insulin adalah hormon yang memindahkan gula dari aliran darah ke dalam sel.

Satu studi pada 92 orang dengan diabetes tipe 2 juga menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak teh hijau selama 16 minggu mengurangi resistensi insulin. Ini dapat membantu mendukung kontrol gula darah yang lebih baik.

4. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penelitian telah menemukan bahwa mengkonsumsi teh hijau dengan lemon sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Faktanya, satu ulasan penelitian melaporkan bahwa flavonoid jeruk, termasuk yang ditemukan dalam lemon, dapat menekan peradangan, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan mendukung kadar kolesterol yang sehat.

Baca Juga: Yuk Simak 4 Manfaat Teh Herbal Bunga Seruni bagi Kesehatan Tubuh

Demikian pula, analisis dari sembilan penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi teh hijau memiliki risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke yang lebih rendah daripada mereka yang tidak minum teh hijau.

Terlebih lagi, tinjauan terbaru dari 24 penelitian juga menemukan bahwa minum teh hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik yang tinggi, yang keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

5. Mendukung Kesehatan otak

Meskipun penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dan lemon dapat menawarkan beberapa manfaat potensial untuk kesehatan otak.

Baca Juga: Dapat Mengatasi Insomnia, 5 Rekomendasi Teh yang Perlu Kamu Ketahui