Foto: Ilustrasi.
Foto: Ilustrasi.

SUARABARU.ID – Tahukah Anda, pengolahan makanan yang baik dan benar diperlukan agar makanan terjaga kualitasnya dan aman bagi kesehatan?

Pengolahan makanan merupakan proses mengolah bahan baku mentah dari tumbuhan atau hewan menjadi makanan yang dapat dikonsumsi oleh semua orang.

Proses pengolahan makanan yang baik harus sesuai dengan prinsip higiene dan sanitasi. Mengapa? Selain karena makanan merupakan sumber energi, higiene dan sanitasi juga diperlukan agar makanan terjaga dari cemaran berbagai penyakit.

Higiene dan sanitasi pada makanan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti orang yang menangani makanan, tempat penyelenggaraan makanan, pemilahan bahan makanan, penyimpanan makanan, dan penyajian makanan.

Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Orang yang menangani makanan
Makanan yang tidak dikelola dengan baik dan benar oleh pembuat makanan dapat menimbulkan dampak negatif seperti penyakit dan keracunan akibat bahan kimia, mikroorganisme, serta dapat pula menimbulkan alergi.

2. Tempat penyelenggaraan makanan
Pada era Covid-19 ini, misalnya, pengolahan bahan makanan harus diperhatikan dengan baik, termasuk faktor tempat makan yang memenuhi standar higiene dan sanitasi. Tujuannya tak lain untuk mencegah terjadinya pengaruh risiko pencemaran terhadap makanan, seperti masuknya lalat pada makanan.

3. Pemilahan bahan makanan
Suhu dan waktu pada saat proses pengolahan makanan juga harus diperhatikan karena tidak semua makanan mempunyai suhu dan waktu sama dalam pengolahannya. Faktor penentuan suhu bertujuan untuk mematikan kuman pantogen. Biasanya suhu minimal pengolahan adalah 90 derajat. Catatan lain, makanan juga tidak boleh telalu lama dimasak karena bisa menyebabkan kandungan gizi hilang akibat penguapan.

4. Penyimpanan makanan
Penyimpanan makanan harus memperhatikan prinsip first in first out (FIFO) dan first expired
first out (FEFO), yang artinya makanan yang masih bagus bisa disimpan terlebih dahulu dan makanan yang sudah mendekati kedaluwarsa bisa untuk dimakan dahulu. Penyimpanan makanan harus dibedakan tempat atau wadahnya dari makanan lain supaya tidak bau dan rasanya tidak tercampur aduk dengan makanan lain. Begitu pula dengan faktor suhu saat penyimpanan.

5. Pengolahan makanan
Pengolahan makanan yang baik dan benar akan memberi manfaat, yaitu makanan menjadi sehat dan aman dari paparan penyakit dan mikroorganisme lainnya yang bisa membahayakan tubuh. Makanan juga akan memiliki cita rasa yang nikmat, menjadi lebih tahan lama karena menyimpannya dengan benar baik dan benar, dan meningkatkan nilai ekonomis pada makanan.

Nabila Cantik Hartono
*Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Universitas Semarang