blank
Kampus Universitas Semarang di Jl Soekarno-Hatta, Tlogosari. (foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- PWI Jawa Tengah kembali menggandeng PT Semen Gresik (PTSG) untuk menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). UKW angkatan ke-36 tersebut akan berlangsung pada Kamis – Jumat (8-9/12) mendatang di kampus Universitas Semarang (USM), Jalan Soekarno-Hatta Semarang.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS mengatakan, tujuan UKW diantaranya meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, sebagai sistem evaluasi kinerja wartawan dan mengangkat martabat kewartawanan sebagai profesi penghasil karya intelektual. Pada UKW yang bersinergi dengan PTSG ini, pihaknya akan menguji satu kelompok kategori wartawan utama dan dua kelompok wartawan muda.

Amir menegaskan, bahwa UKW akan menjadi mahkota kegiatan PWI Jateng. Dia menandaskan, mengapa UKW penting karena wartawan yang kompeten tidak hanya mewakili martabat dirinya sendiri dan media, namun mewakili kehormatan organisasi profesi.

Dia bersyukur, langkah strategis PWI Jateng memasifkan UKW mendapatkan respons sangat baik dari berbagai stakeholder dan mitra PWI, termasuk PWI Pusat. Bahkan, PWI Jateng mendapatkan penghargaan dari PWI Pusat sebagai penyelenggara terbanyak UKW selama kurun waktu 18 November 2018 – Oktober 2022 dengan 16 kali kegiatan dan diikuti 385 peserta.
”Melalui penghargaan yang diserahkan pada Konkernas di Malang lalu, kami terpacu untuk menjadikan UKW sebagai program unggulan. Bagi kami, menjadi wartawan tidak cukup berbekal kecakapan teknis, tapi juga membekali dengan tanggung jawab sosial yang mengedepankan nurani. Dan UKW mendorong wartawan memiliki nurani atas karya jurnalistiknya seperti digariskan Kode Etik Jurnalistik (KEJ), serta taat pada UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers, ” kata Amir dalam keterangan persnya, Senin (5/12).

Pada kesempatan itu, Amir menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Semen Gresik pabrik Rembang yang sudah enam kali mendukung kegiatan UKW PWI Jateng. Apresiasi senada juga diberikan kepada USM yang responsif dan berinisiatif menjadi tempat digelarnya UKW. Menurutnya, hal ini sebagai bentuk respek luar biasa para mitra terhadap peningkatan kapabilitas wartawan.

Sangat Urgen

Sementara itu, Senior Manager of Communnication & CSR PTSG, Dharma Sunyata menegaskan, dukungan program UKW sebagai bentuk partisipasi perusahaan turut mendukung PWI menguatkan kapasitas wartawan agar lebih kompeten dan kompeten dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik.

“Keberadaan wartawan sangat urgen dan perannya strategis sebagai salah satu pilar demokrasi di Indonesia. Kami bersyukur dan ikut bangga menjadi bagian dari upaya peningkatan SDM wartawan di Jawa Tengah,” tandasnya.

Lanjutnya, sinergitas Semen Gresik bersama PWI yang sudah berkolaborasi melaksanakan enam kali dalam penyelenggaraan UKW dapat memberikan nilai manfaat. Dharma optimistis, seiring meningkatnya kompetensi wartawan akan berimplikasi terhadap kualitas pemberitaan yang disajikan, sehingga lebih akurat, lengkap, serta sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik.

“Kami berharap, melalui pembekalan kompetensi yang diterima teman-teman wartawan. karya-karya jurnalistik yang dihasilkan akan lebih jernih, berimbang, dan menumbuhkan harapan, pencerahan, serta semangat optimisme di tengah masyarakat di tengah era disruptif saat ini,” katanya.

Dharma ingin, sinergi dan kolaborasi dengan PWI Jateng ke depan makin erat dan berkelanjutan untuk menciptakan kebermanfaatan seluruh stakeholder. ”PTSG akan selalu mendorong agar profesionalisme dan eksistensi para wartawan senantiasa terjaga,” pungkasnya.

Muhaimin