blank
Ilustrasi dan insert "Buku Panduan Lansia". Foto: Dok-wied

Judul : Panduan Lansia
Penerbit : Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi
Jawa Tengah, (2022)
Tebal Buku : 48 Halaman

SALAH  satu tujuan organisasi  Badan Kerja Sama  Organisasi Wanita (BKOW ) Provinsi Jawa Tengah adalah mewujudkan wanita Indonesia berkarakter, mampu melaksanakan fungsi dan profesinya dengan baik serta meningkatkan peran dalam Pembangunan Nasional.

Berkaitan dengan Pembangunan Nasional, salah satu aspek  penting menjadi perhatian adalah peningkatan kualitas hidup  lanjut usia (lansia) yang jumlahnya saat ini cukup banyak .

Di Indonesia  pada tahun 2019 menurut data BPS mencapai 9,60% atau sekitar 25,64 juta orang. Data dari Dukcapil  tgl 30 Mei 2021, jumlah Lansia tahun 2021 sebanyak 30.16 juta jiwa.   Peningkatan jumlah itu antara lain karena membaiknya sosial ekonomi dan meningkatnya  pengetahuan masyarakat , juga  kemajuan di bidang pelayanan kesehatan.

Badan Kerja Sama Organisasi Wanita yang mewadahi organisasi perempuan di Jawa Tengah  memiliki banyak anggota pralansia dan lansia.  Dalam  AD/ART Bab II tentang tujuan berdirinya BKOW menyebut,  mewujudkan masyarakat adil makmur yang merata dan berkesinambungan, materiil dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara  Republik Indonesia tahun 1945  dalam wadah NKRI.

Untuk mewujudkannya antara lain  dengan membuat pedoman atau panduan bagi anggota. Buku tentang Lansia diharapkan  membantu dalam menjalani kehidupan, memberi manfaat pada diri sendiri , keluarga dan masyarakat.

Edukasi

Buku Panduan Hidup Sehat dan Bahagia bagi Lanjut Usia, Deteksi dan Pencegahannya,  merupakan upaya memberikan edukasi kepada masyarakat agar mampu melakukan manajemen hidup sehat yang tepat, baik  jasmani maupun rohani, produktif, panjang usia dan mandiri.