blank
Ilustrasi teh jahe. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Teh, jahe, dan lemon sering kali dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Rasa hangat dari jahe, serta asam dari lemon akan memberikan perpaduan yang nikmat saat dikonsumsi, terutama pada kondisi cuaca yang dingin, seperti dilansir dari Suara.com pada Jumat (26/8/2022).

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan sedikit pemanis dari madu untuk melengkapi nikmatnya minuman ini. Belakangan diketahui bahwa mengonsumsi teh jahe lemon sebelum tidur akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. Apa saja dampak tersebut?

Mengutip dari laman Healthline.com, berikut empat manfaat mengonsumsi teh jahe lemon sebelum tidur.

Baca Juga:Tujuh Manfaat Madu Murni Bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Menyembuhkan Luka

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan dapat menganggu kualitas tidur seseorang. Mengonsumsi teh jahe lemon sebelum tidur dapat menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

Jahe (Zingiber officinale) telah lama digunakan dalam pengobatan alternatif karena kemampuannya dalam membantu pengeluaran gas berlebih didalam lambung, serta mencegah naiknya asam lambung.

Sementara itu, lemon (Citrus limon) mengandung senyawa yang disebut limonene yang dapat membantu mengatasi sembelit dengan meningkatkan kadar air dalam usus besar sehingga melunakkan feses dan merangsang proses buang air besar.

Baca Juga: Enam Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan

2. Membantu Meringankan Gejala Mual

Berdasarkan penelitian dari National Institutes of Health, menyatakan bahwa jahe dapat membantu meringankan gejala mual selama masa kehamilan dengan dosis sebanyak 1 – 1,5 gr jahe per hari.

Pada trimester pertama usia kehamilan, biasanya seseorang akan mengalami gejala mual dan muntah sebagai efek dari perubahan hormon. Nah, hal itu tentu akan berdampak pada kualitas tidur seseorang apabila gejala mual dirasakan pada malam hari.

Dengan mengonsumsi teh jahe lemon yang mengandung senyawa gingerol, maka gejala mual tersebut akan terasa lebih ringan dan membantu menjaga kualitas tidur yang lebih baik.

Baca Juga: Lima Manfaat Kubis Merah, Salah Satunya Bersifat Antikanker

3. Mengurangi Gejala Hidung Tersumbat

Saat tubuh terkena flu, biasanya akan mengalami gejala hidung tersumbat yang menganggu saluran pernafasan dan menganggu waktu tidur.

Teh jahe lemon akan menghasilkan uap yang dapat membantu meringankan gejala hidung tersumba. Hiruplah secara perlahan uap teh tersebut sebelum meminumnya dan Anda akan merasakan efeknya secara optimal.

4. Membantu Mengatasi Peradangan

Gingerol yang terdapat pada jahe, serta vitamin C dan antioksidan pada lemon dinilai dapat berpotensi dalam mengatasi peradangan yang disebabkan oleh kanker, sindrom metabolik, alzheimer, dan penyakit jantung.

Itulah tadi empat manfaat mengonsumsi teh jahe lemon sebelum tidur. Semoga bermanfaat bagi pembaca!

Claudia