blank
Ilustrasi tidur.

SEMARANG(SUARABARU.ID)- Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap orang seperti halnya makan dan minum. Pada kondisi normal, kebutuhan tidur pada orang dewasa berkisar antara 7 hingga 9 jam per harinya.

Mengutip dari laman Hellosehat.com, bahwa saat tidur otak akan mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas di keesokan harinya.

Dilansir dari Suara.com, akan tetapi tak banyak orang yang sadar akan pentingnya waktu tidur ini. Lembur bekerja, bermain game, ataupun marathon film biasanya menjadi alasan seseorang begadang sehingga mengabaikan waktu tidur.

Baca Juga: Lima Manfaat Gula Palem Bagi Kesehatan

Padahal, kurang tidur akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Oleh karena itu diartikel kali ini kita akan membahas tentang apa saja dampak negatif kurang tidur bagi kesehatan.

Melansir dari laman MedicalNewsToday.com, berikut enam diantaranya:

1. Perubahan Suasana Hati atau Mood

Berdasarkan penelitian dari National Institutes of Health pada tahun 2018, menyatakan bahwa kurang tidur memiliki hubungan yang signifikan dengan perubahan suasana hati, seperti emosi, kecemasan, hingga depresi.

Baca Juga: Manfaat Blue Cheese Bagi Kesehatan, Menjaga Kesehatan Jantung Hingga Memperbaiki Daya Ingat

Selain itu, rasa lelah dan kantuk yang ditimbulkan akibat kurang tidur akan semakin memperparah perubahan mood yang berpotensi mengganggu kesehatan mental seseorang.

2. Menurunkan Kemampuan Belajar

Selama tidur, otak mengkonsolidasikan informasi yang telah diproses sepanjang hari. Sehingga apabila seseorang kurang tidur, maka akan berdampak langsung pada penurunan kemampuan seseorang untuk mempelajari informasi atau keterampilan baru, kemampuan dalam mengambil keputusan, serta menurunkan kreativitas.

3. Penurunan Fungsi Kognitif

Studi dari Journal of the American Geriatrics Society pada tahun 2014 menemukan fakta bahwa pada wanita yang tidur kurang dari 5 jam per hari akan mengalami penurunan fungsi kognitif dibandingkan dengan wanita yang tidur selama 7 jam per harinya.

Baca Juga: Lima Manfaat Cangkang Telur Bagi Kesehatan Tulang

Penurunan fungsi kognitif ini berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam mengingat ataupun mengolah informasi yang diterima, sehingga orang yang kurang tidur akan mudah lupa dan kesulitan dalam berfikir.

4. Menurunkan Kualitas Seksual

Rasa lelah dan kantuk akibat kurang tidur akan menurunkan hasrat dalam melakukan hubungan seksual yang akan mempengaruhi tingkat kepuasan seksual seseorang.

Penelitian dari National Institutes of Health mencatat, bahwa pada pria yang memiliki durasi tidur kurang dari 7 jam per harinya akan mempengaruhi fungsi seksualnya, terutama bagi pria yang memang telah memiliki penyakit disfungsi ereksi.

Baca Juga: Empat Manfaat Buah Aprikot Bagi Kesehatan, Salah Satunya Baik Untuk Kehamilan

5. Meningkatkan Risiko Penyakit Infeksi

Para peneliti menyimpulkan bahwa tidur dapat membantu modulasi berbagai aspek sistem imun dengan cara yang membantu melindungi tubuh terhadap infeksi.

Peneliti juga turut menyatakan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan penurunan sistem imunitas tubuh sehingga tubuh akan rentan terkena penyakit infeksi.

6. Berpotensi Meningkatkan Berat Badan

Penelitian menunjukkan, bahwa pada orang yang memiliki waktu tidur kurang dari 6 jam per hari lebih cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi daripada mereka yang tidur selama 8 jam per harinya.

Baca Juga: Enam Manfaat Mengonsumsi Asparagus Bagi Kesehatan

Mengapa demikian? Hal itu disebabkan karena saat seseorang tidur maka tubuh akan melepaskan hormon yang membantu mengatur metabolisme, memproses gluten, dan menekan nafsu makan.

Sebaliknya pada orang yang sering begadang ditengah malam, maka hormon yang mengatur rasa lapar akan kembali dilepaskan dan memicu seseorang untuk makan lebih banyak lagi di malam hari.

Itulah tadi enam dampak negatif kurang tidur bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!

Claudia