blank
Ilustrasi Buah Aprikot. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buah aprikot buah yang memiliki nama latin Prunus armeniaca dan umumnya mempunyai warna kuning kejinggaan dengan kulit tipis.

Kemudian daging buah aprikot ini lembut dan terdapat biji di dalamnya, namun mempunyai rasa yang manis serta menyegarkan.

Dilansir dari Suara.com pada Kamis (11/08/2022), buah ini dikenal mempunyai gizi yang tinggi karena mengandung banyak vitamin dan mineral penting.

Baca Juga: Lima Manfaat Buah Terong Belanda, Salah Satunya Menjaga Kadar Gula Darah

Dalam buah aprikot ini mengandung vitamin B3 (niasin), vitamin K, mangan, tembaga, fosfor dan sumber antioksidan kuat seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin.

Merangkum dari sehatq.com, berikut ini adalah manfaat buah aprikot bagi kesehatan tubuh, salah satunya baik untuk kehamilan.

1. Mencegah penyakit kronis

Dalam buah aprikot ini mengandung antioksidan kuat yang disebut dengan flavonoid. Kemudian kandungan ini terbukti untuk melindungi tubuh dari penyakit kronis, termasuk diabetes dan penyakit jantung.

Senyawa antioksidan juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan stres oksidatif yang berkaitan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan arthritis.

Baca Juga: Enam Manfaat Mengonsumsi Asparagus Bagi Kesehatan

2. Meningkatkan metabolisme

Buah aprikot juga kaya akan kalium yang mempunyai manfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Dengan keseimbangan elektrolit yang sehat, maka kemampuan metabolisme tubuh pun dapat meningkat sehingga tubuh mendapatkan banyak energi dan sirkulasi darah yang baik.

3. Menjaga kesehatan kulit

Adanya kandungan vitamin C dan E dalam buah aprikot ini baik untuk kesehatan kulit dalam melindungi dari kerusakan.

Baca Juga: Enam Manfaat Mengonsumsi Asparagus Bagi Kesehatan

Selain itu, vitamin ini juga dapat membantu menghasilkan kolagen yang dapat memberi kekuatan dan elastisitas pada kulit.

Kandungan beta karoten dalam aprikot juga dapat melindungi kulit dari sengatan matahari.

4. Baik untuk kesehatan pencernaan

Aprikot juga merupakan sumber serat larut yang baik, seperti pektin dan polisakarida. Seperti yang kita ketahui bahwa serat dapat menunda pergerakan makanan melalui saluran pencernaan dan memberi makan bakteri baik di usus.

Dengan pencernaan yang sehat maka akan membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit seperti sembelit, diare, perut kembung, dan lainnya.

Kemudian buah aprikot juga bisa menjadi pencahar alami guna mengatasi sembelit.

Demikianlah empat manfaat buah aprikot bagi kesehatan tubuh. Selamat menikmati buah yang segar dan bermanfaat ini.

Claudia