blank
Ilustrasi terong belanda. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mungkin banyak orang di luar sana tidak megenal terong belanda, padahal buah ini mempunyai nutrisi yang tinggi. Kemudian, terong belanda juga dikenal dengan nama tamarillo dan mengandung protein, vitamin A, C dan E yang semuanya baik untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari Suara.com pada Rabu (10/8/2022), selain itu terong belanda juga mempunyai kandungan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh mulai dari zat besi, kalium, hingga mangan.

Cara menikmati buah terong belanda ini bisa dikonsumsi secara mentah dan bisa dibuat jus segar. Sebelumnya potong daging buah dan kupas kulitnya, lalu masukkan ke dalam blender dan tambahkan es batu agar lebih mantap.

Baca Juga: Benarkah Rambut Rontok di Musim Panas Hal yang Normal? Simak Penyebabnya

Merangkum dari sehatq.com, berikut lima manfaat buah terong belanda bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Mengontrol diabetes

Terong belanda mengandung serat yang dapat membantu dalam menjaga kadar gula darah supaya tetap stabil. Kemudian, buah ini juga mengandung asam klorogenat yang bisa menunda terjadinya diabetes dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

2. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat terong belanda untuk kesehatan yang lainnya adalah dapat menurunkan berat badan. Hal ini karena buah ini mengandung asam yang mampu membantu mengurangi kadar lemak tubuh.

Baca Juga: Lima Manfaat Mengonsumsi Ketan Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

3. Baik untuk kesehatan kulit

Terong belanda juga ternyata mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan kulit karena kandungan vitamin di dalamnya. Selain itu, buah ini juga mempunyai kandungan antosianin, fenol, dan flavonoid yang dapat menjaga kulit dari stres oksidatif dan polusi.

4. Baik untuk mata

Kandungan vitamin A pada buah terong belanda ini dapat mengembalikan kelembapan selaput mata yang bertugas melindungi mata dari bakteri dan virus. Selain itu, selaput mata ini juga bisa melindungi dari infeksi dan menurunkan risiko penyakit mata, mulai dari katarak hingga degenerasi makula.

5. Dapat mencegah anemia

Kandungan zat besi yang dimiliki terong belanda dipercaya dapat mencegah anemia dimana zat besi dapat merangsang produksi sel darah merah.

Oleh karena itu, untuk mencegah anemia bisa mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi secara rutin seperti buah terong belanda ini.

Nah itulah tadi 5 manfaat buah terong belanda bagi kesehatan tubuh manusia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.