blank
Ilustrasi ketan hitam. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pernahkah Anda mengonsumsi bubur kacang hijau yang dipadukan dengan ketan hitam? Makanan ini ternyata cukup sehat karena keduanya mengandung banyak nutrisi.

Dilansir dari Suara.com, untuk kacang hijau mungkin sudah cukup terkenal khasiatnya. Namun bagaimana dengan manfaat ketan hitam sendiri? Sudah tahukah Anda sederet khasiatnya?

Ketan hitam memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang unik sehingga mudah digemari oleh masyarakat. Selain itu, warna hitam yang dimilikinya berasal dari antosianin dengan kadar tinggi, dan juga menjadi salah satu sumber nutrisi yang dimilikinya.

Baca Juga: Pentingnya Pemberian Edukasi Kesehatan Lewat Tulisan

Lalu apa saja manfaat ketan hitam? Anda bisa simak di sini!

1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Mengandung antosianin yang tinggi membuat ketan hitam identik dengan makanan yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Kandungan ini sendiri secara aktif dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Pada beberapa penelitian yang dilakukan, ketan hitam dapat memberikan perlindungan pada tubuh lebih dari beras merah. Cukup efektif ya?

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Masuk dalam kategori gandum utuh, ketan hitam juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Seperti diketahui secara luas, serat memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan, sehingga penyerapan makanan bisa terjadi dengan optimal.

Selain serat ada pula kandungan probiotik yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan secara optimal.

Baca Juga: Pentingnya Membangun Kesehatan Mental Anak Sejak Dini

3. Pembentukan Sel dan Jaringan

Manfaat ketan hitam yang ketiga adalah membantu proses pembentukan sel dan jaringan. Berkat kandungan protein yang tinggi di dalamnya, ketan hitam juga diklaim sebagai salah satu sumber protein nabati yang sehat.

4. Pencegahan Anemia

Anemia dipicu karena kurangnya sel darah merah di dalam tubuh. Zat besi yang terkandung dalam ketan hitam dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah lebih banyak, sehingga konsumsi ketan hitam juga akan menjadi upaya pencegahan dan penanganan anemia yang mungkin dialami.

5. Bisa Menjadi Pewarna Alami

Ketan hitam memiliki pigmen warna yang dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami. Spektrumnya juga cukup luas, mulai dari merah muda hingga warna hitam. Penggunaan pewarna alami ini dapat mencegah berbagai risiko kesehatan saat mengolah bahan makanan.

Itu tadi beberapa manfaat ketan hitam yang bisa disampaikan dalam artikel singkat ini. Semoga bermanfaat, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda!

Claudia