Camat Mayong, Muhammad Subkhan dan Forkopimcam Mayong bermain egrang (Foto: PPA)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ada acara menarik yang dilakukan oleh panitia peringatan HUT KE-77 Kemerdekaan RI di Kecamatan Mayong untuk menanamkan semangat cinta tanah air. Dengan menggandeng Forum Anak Indonesia Kabupaten Jepara panitia mengenalkan   kembali berbagai mainan tradisional  seperti egrang, holahob, dakon dan lain-lain.

Kegiatan tersebut berlangsung  usai pencanangan kegiatan dalam  rangka peringatan HUT RI KE – 77 Tingkat Kecamatan Mayong pada Kamis (4/8-2022) oleh Camat Mayong, Muhammad Subkhan.

fORUM aNAK iNDONESIA KENALKAN KEMBALI MAINAN TRADISIONAL, DIANTARANYA EGRANG (Foto: PPA)

Kegiatan yang dipusatkan di halaman kKantor Kec Mayong ini dikuti lebih dari seribu peserta terdiri dari Kapolsek dan Danramil Mayong, dinas instansi tingkat kec, petinggi dan perangkat, anak sekolah dan warga umum. Kegiatan diawali dengan apel, senam dan jalan sehat serta pengundian door prize terdiri 3 sepeda dan 1 kulkas serta hadiah hiburan.

Camat Mayong, Muhammad Subkhan dalam sambutannya menegaskan  tidak ada ideologi selain pancasila dan tidak  ada bentuk negara selain NKRI. Kerena itu peringatan kemerdekaan tujuannya adalah untuk menguat komitmen kebangsaan dan menjaga keberagaman.

Forkopimcam Mayong saksikan anak yang asyik bermain hulahop (Foto: PPA)

Sementara Kabid PPA DP3AP2KB Jepara dr Fakhrudin, pengenalan mainan tradisional di Kec Mayong bertujuan untuk pengembangan mainan anak. Harapannya semua pemangku kepentingan memberi opsi / alternatif pilihan aktifitas dan  kreatifitas untuk  mengisi waktu luang dengan mainan tradisional.”Harap[annya dapat mengurangi ketergantungan anak pada handphone,” ujar dr Fakhrudin.

Ia juga menjelaskan, minggu depan untuk  pengembangan mainan anak akan dilakukan  FGD. “ Kami ingin mengusulkan   semua sekolah level PAUD, TK, SD, SMP disediakan alat mainan tradisional untuk  mengisi jam istirahat,” ujarnya.

Hadepe