blank
Ilustrasi Asparagus. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang tergolong sebagai superfood. Asparagus banyak ditemukan di negara China, Peru, dan Jepang, serta banyak dibudidayakan di negara Amerika.

Dilansir dari Suara.com ,hal itulah yang menyebabkan sayuran ini masih tergolong minim peminat di Indonesia dan memiliki harga relatif tinggi.

Meskipun masih tergolong jarang dikonsumsi masyarakat, akan tetapi asparagus dinilai memiliki banyak manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan.

Baca Juga: Benarkah Rambut Rontok di Musim Panas Hal yang Normal? Simak Penyebabnya

Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang apa saja manfaat mengonsumsi asparagus bagi kesehatan tubuh. Melansir dari laman MedicalNewsToday.com, berikut pembahasannya.

1. Berperan dalam Pertumbuhan Sel Janin

Asparagus baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena memiliki kandungan asam folat atau vitamin B9 yang berperan dalam pertumbuhan sel – sel janin, perkembangan otak, mencegah penyakit jantung bawaan, serta bermanfaat pula dalam mencegah terjadinya cacat tabung syaraf bayi. Pada 1 cup asparagus dengan berat 134 gr memiliki kandungan asam folat yang dapat memenuhi hingga 17 persen dari total kebutuhan harian orang dewasa.

2. Menurunkan Risiko Depresi

Berdasarkan Studi dari National Institutes of Health, menjelaskan bahwa kandungan asam folat pada asparagus juga bermanfaat dalam menurunkan risiko depresi melalui penurunan produksi homosistein di dalam tubuh.

Homosistein merupakan asam amino alami yang terdapat di dalam tubuh manusia, akan tetapi terlalu banyak produksi homosistein bisa mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin,dan norepinefrin yang berperan dalam mengatur suasana hati, tidur, serta nafsu makan. Berkurangnya produksi ketiga hormon ini tentunya akan meningkatkan risiko depresi.

Baca Juga: Lima Manfaat Mengonsumsi Ketan Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

3. Menurunkan Risiko Stroke

Selain Depresi, meningkatnya homosistein di dalam darah juga dapat memicu stroke karena homosistein juga berpotensi untuk menyumbat pembuluh darah. Sehingga asupan asam folat dari asparagus akan membantu menurunkan kelebihan homosistein di dalam tubuh dan menurunkan risiko stroke.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Asparagus juga mengandung mineral kalium, serat, serta antioksidan berupa beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan vitamin C yang bermanfaat baik dalam meningkatkan kesehatan jantung.

5. Mencegah Osteoporosis

Asparagus memiliki kandungan vitamin K yang dapat mencukupi hingga 50 persen dari total kebutuhan harian orang dewasa. Berdasarkan penelitian dari BioMed Research International, menjelaskan bahwa vitamin K berperan dalam meningkatkan kesehatan tulang, guna mencegah timbulnya osteoporosis.

Selain itu, asapargus juga mengandung fosfor, zinc, dan magnesium yang juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Satu cup asparagus menyediakan hampir 10% dari kebutuhan fosfor harian orang dewasa.

Baca Juga: Pentingnya Pemberian Edukasi Kesehatan Lewat Tulisan

6. Mencegah Kanker

Asparagus mengandung serat larut yang dapat mencegah timbulnya kanker kolorektal. Selain itu, adanya kandungan antioksidan yang terdapat pada asparagus juga ikut berperan penting dalam mengatasi serangan radikal bebas sebagai pemicu utama terjadinya kanker.

Itulah tadi enam manfaat mengonsumsi asparagus bagi kesehatan tubuh. Anda dapat mengolah asparagus menjadi hidangan sup, salad, tumis, ataupun dimakan secara langsung. Semoga bermanfaat!

Claudia