blank
Ilustrasi Gula Palem. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Gula palem merupakan jenis gula yang berasal dari sari batang tanaman janis palmae atau tanaman palem, dilansir dari Suara.com pada Jumat (19/8/2022).

Karakter aromanya cukup khas dan rasa manisnya lebih ringan dibanding gula yang berasal dari tebu. Gula palem dianggap sebagai salah satu alternatif pemanis yang lebih sehat karena pemrosesannya yang minimal dan tidak ada tambahan bahan kimia di dalamnya.

Merangkum informasi yang didapat dari webdm.com dan sehatq.com, berikut manfaat kesehatan dari gula palem.

Baca Juga: Manfaat Blue Cheese Bagi Kesehatan, Menjaga Kesehatan Jantung Hingga Memperbaiki Daya Ingat

1. Mengandung Karbohidrat

Dalam satu sendok makan gula palem memiliki kandungan 15 gram karbohidrat sebagai sumber energi, kalori sebesar 54, dan gula sebesar 15 gram.

2. Memiliki Kandungan Kalium

Kandungan kalium pada gula palem memiliki kadar yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis sayuran hijau atau buah pisang. Gula palem dapat memenuhi 1% kebutuhan harian kalium hanya dengan mengkonsumsinya dalam takaran satu sendok teh.

Kalium berfungsi untuk sistem pencernaan, keseimbangan cairan dalam tubuh, mengatur sistem saraf, dan kontrasi otot. Konsumsi jumlah kalium yang sesuai juga dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Empat Manfaat Air Kelapa yang Kaya akan Antioksidan

3. Antioksidan Lebih Tingi dari Gula Lain

Gula palem memiliki nutrisi, vitamin, dan jumlah mineral yang lebih tinggi dari jenis gula lain. Fitonutrien yang terkandung di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menjaga sel dari kerusakan. Kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dapat menjadi awal munculnya penyakit kronis.

4. Mengandung Inulin yang Baik untuk Pencernaan

Gula palem mengandung serat pangan inulin yang bermanfaat untuk mengontrol bakteri baik dalam pencernaan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap mineral.

Melansir dari sehatq.com, inulin juga bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 untuk mengontrol gula darah jika dikonsumsi secara tepat sesuai takaran.

Baca Juga: Tujuh Manfaat Buah Naga Dengan Segudang Nutrsinya

5. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Gula palem mengandung lebih sedikit glukosa dan indeks glikemiknya lebih rendah dari jenis gula lain. Sehingga gula palem memiliki fungsi yang lebih baik untuk membantu kestabilan kadar gula dalam darah dibandingkan pemanis lainnya.

Walau gula palem memiliki berbagai manfaat dan dianggap lebih menyehatkan, penggunaannya tidak boleh berlebihan. Karena bagaimanapun, jika gula dikonsumsi secara berlebihan akan dapat mempengaruhi kesehatan seperti menyebabkan obesitas dan gigi berlubang.

Claudia