blank
Ilustrasi Air Kelapa. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Siapa yang tidak suka minum air kelapa muda alias yang masih berwarna hijau dan tidak sulit didapatkan ini. Buah kelapa biasanya membutuhkan waktu hingga 12 bulan untuk bisa matang seutuhnya, tetapi buah kelapa sebenarnya bisa dikonsumsi saat masih 7 bulan.

Dilansir dari Suara.com, kemudian buah kelapa yang kulitnya berwarna hijau ini menandakan kalau buah di dalamnya masih lunak dagingnya. Maka dari itu, saat dibelah dua kita tidak bisa melihat banyak daging yang menempel di dalamnya dan masih sedikit.

Akan tetapi di luar itu semua, air kelapa muda mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan sebagaimana dirangkum dari sehatq.com.

Baca Juga: Lima Manfaat Cangkang Telur Bagi Kesehatan Tulang

1. Kaya akan antioksidan

Dalam buah kelapa muda ini mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas atau molekul tidak stabil dalam tubuh. Biasanya produksinya akan semakin bertambah apabila kalian mengalami stres oksidatif dan manfaat buah kelapa muda ini tidak lain untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu, bisa untuk menurunkan tekanan darah, trigliserida dan kadar insulin, meskipun belum ada studi yang menunjukkan aktivitas antioksidan air kelapa hijau pada manusia.

2. Cegah batu ginjal

Dalam sebuah penelitian, air kelapa muda ini dapat mencegah batu ginjal lebih baik ketimbang air mineral. Perlu diketahui, batu ginjal terbentuk saat kalsium, oksalat dan senyawa lainnya bergabung membentuk kristal dalam air seni dan berubah menjadi batu.

Baca Juga: Tujuh Manfaat Buah Naga Dengan Segudang Nutrsinya

Para peneliti percaya bahwa air kelapa dapat mengurangi produksi radikal bebas yang muncul, karena tingginya kadar oksalat dalam air seni tersebut, walaupun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

3. Membantu rehidrasi

Dalam air kelapa muda ini kaya akan zat baik seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium dan fosfor dan dipercaya bisa membantu rehidrasi. Apabila dibandingkan dengan minuman berenergi, lebih baik kita mengonsumsi air kelapa setelah melakukan olahraga.

Selain itu, air kelapa muda juga rendah kolesterol dan gula dan mampu melepaskan rasa dahaga.

Baca Juga: Camilan Kacang Mete Kaya akan Manfaat Yang Baik Untuk Tubuh, Simak Selengkapnya

4. Mengandung asam amino

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa air kelapa juga mengandung asam amino seperti alanine, arginine, cysteine, dan serine.

Bahkan, air kelapa hijau menjadi salah satu sumber arginine yang cukup tinggi dan berperan dalam merespon stres serta menyehatkan jantung.

Nah itulah tadi, beberapa manfaat air kelapa muda yang baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Claudia